Hasil Swab Pemilik dan Pegawai Warung Batagor Mang Ujang Rantepao Negatif Corona

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Suparno alias Mang Ujang, pemilik warung makan Batagor Mang Ujang, yang terletak di Kelurahan Malango, Kecamatan Rantepao, menyatakan bahwa dirinya bersama empat orang karyawan sudah melakukan tes Swab; untuk mengetahui apakah positif atau negatif terpapar virus Corona.

Hasil test polymerase chain reaction (PCR) Swab yang diterima dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Provinsi Sulawesi Selatan, menyatakan kelima orang ini dinyatakan negatif Corona. Hasil PCR Swab tersebut diterima tanggal 23 Juli 2020 dan 30 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Data Terkini Covid-19 Toraja Utara: 11 Positif, 8 Sembuh, 2 Isolasi, 1 Meninggal

“Alhamdulillah, hasil tes Swab-nya sudah keluar dan semua dinyatakan negatif Covid-19,” ungkap Suparno dalam pesan tertulis ke redaksi karebatoraja.com, Sabtu, 1 Agustus 2020. Pesan ini juga melapirkan hasil tes Swab yang sudah mereka terima.

Sebelumnya diberitakan, salah satu pegawai di warung makan Batagor Mang Ujang dinyatakan positif Corona. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elisabeth Zakaria pada Rabu, 22 Juli 2020.

Bahkan, ada dua pegawai di warung makan tersebut yang harus menjalani isolasi di RSUD Lakipadada, karena diduga terpapar virus Corona. Namun salah satunya sudah diizinkan pulang pada Kamis, 23 Juli 2020, karena hasil tes Swab-nya negatif Covid-19. Yang satunya sudah pulang ke rumah pada Sabtu, 1 Agustus 2020, setelah hasil Swab-nya dinyatakan negatif Corona.

Baca Juga  Pemilik Warung Batagor Kang Ujang Rantepao Klarifikasi Informasi Keliru yang Menyebut Dirinya Positif Corona

Sehari sebelumnya, pada 21 Juli 2020, beredar video di media sosial yang menyebut bahwa Suparno, pemilik warung Batagor Mang Ujang Rantepao, positif Corona. Video ini kemudian dibantah oleh Suparno, sehari sesudahnya. Suparno dan beberapa karyawan lain kemudian mengikuti tes Swab. Dan hasilnya sudah keluar pada 30 Juli 2020 dan dinyatakan negatif Corona.

Suparno mengatakan sengaja mengumumkan hasil tes Swab ini agar masyarakat Toraja Utara pada umumnya dan Rantepao khususnya tidak lagi menaruh curiga dan membuat cerita macam-macam tentang dirinya dan karyawannya. Untuk diketahui, sejak diumumkan salah satu karyawannya positif Corona, warung Batagor Mang Ujang ditutup sementara.

Sementara itu, Juru Bicara Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, mengaku belum mendapat informasi soal hasil tes Swab pemilik dan karyawan warung Batagor Mang Ujang Rantepao. Namun dia menyebut, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes revisi ke-5), jika dalam jangka 10 hari setelah Swab dan tidak ada gejala selama karantina, sudah dinyatakan bebas Covid-19. (*)

Baca Juga  Kabar Gembira, 3 Lagi Pasien Covid-19 Toraja Utara Dinyatakan Sembuh

Penulis: Arthur
Foto: Hasil PCR Swab pemilik dan karyawan warung batagor Mang Ujang Rantepao, yang diterima dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Provinsi Sulawesi Selatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *