Hasil Panen Memuaskan, Masyarakat Makale Selatan Gelar Pesta Rakyat “Mebale”

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE SELATAN — Masyarakat Makale Selatan baru saja selesai melaksanakan kegiatan panen padi dengan hasil yang baik dan memuaskan.

Sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan atas berkat tersebut, masyarakat dan pemerintah Kecamatan Makale Selatan menggelar pesta rakyat dengan kegiatan “Mebale” atau menangkap ikan yang digelar di salah satu area persawahan di Kelurahan Sandabilik Kecamatan Makale Selatan, Selasa, 8 september 2020.

Bacaan Lainnya

Mebale adalah tradisi masyarakat Toraja yang digelar setelah melaksanakan kegiatan panen padi sebagai bentuk suka cita terhadap hasil panen. Sebelum kegiatan “Mebale” digelar, terlebih dahulu dilakukan kegiatan “Manta’da” yaitu mengeringkan air disawah, setelah air disawah sudah mulai kering, masyarakat beramai – ramai turun ke sawah untuk menangkap ikan. “Pebale” atau hasil tangkapan ada yang dibawah pulang ada juga yang dibakar lalu dimakan secara bersama-sama.

Baca Juga  Ini Ungkapan Kalatiku Saat Sambut Sharon Toraja di Bandara Pongtiku

Camat Makale Selatan, Marthen Barapadang mengatakan sebagai bentuk ungkapan syukur masyarakat atas selesainya kegiatan panen padi maka pesta rakyat Mebale ini digelar.

“Ungkapan syukur digelar agar kedepan masyarakat Makale Selatan selalu dilindungi oleh Tuhan. Ungkapan syukur juga digelar karena masyarakat Makale Selatan sampai saat belum ada masyarakat Makale Selatan yang terpapar Covid-19,” ujar Marthen.

Sementara itu, tokoh masyarakat Makale Selatan yang juga Anggota DPRD Tana Toraja, Yan Anggong Kala’lembang mengatakan pesta rakyat Mebale juga adalah bagian dari upaya mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan masyarakat di Makale Selatan.

“Semoga kebersamaan masyarakat ini tetap terjaga terutama menghadapi pesta politik kedepan agar suasana tetap kondusif dan masyarakat senantiasa menjaga kesejukan,” kata Yan Anggong.

Baca Juga  BERITA FOTO: Begini Perjuangan Anggota Polri Menjalankan Tugas di Seko, Luwu Utara

Pesta rakyat Mebale juga dihadiri Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae yang ikut bersama-sama dengan rakyat menangkap ikan. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Foto: Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae yang ikut bersama-sama dengan rakyat menangkap ikan dalam pesta rakyat “mebale” di Kecamatan Makale Selatan, Selasa, 8 September 2020.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *