Hanya 2 Pemilih di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pilkada 2020, mendatangi Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja, Selasa, 4 Agustus 2020.

Dua petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD), seperti masker dan face shield, datang ke Rumah Jabatan Bupati untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dan keluarga.

Bacaan Lainnya

Dari Coklit ini diketahui bahwa jumlah pemilih di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja hanya dua orang, yakni Nicodemus Biringkanae dan Rospita Napa.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja, Rizal Randa, mengatakan Coklit PPDP terhadap keluarga Bupati Tana Toraja dilakukan pada hari ke 21, dari sebulan masa Coklit pemilih untuk kepentingan Pilkada Tana Toraja, Desember mendatang.

Rizal menerangkan, hingga hari ke-21 ini, berdasarkan laporan dari PPDP ke KPU, sudah sekitar 80 persen wajib pilih di Tana Toraja yang sudah di-coklit. Jumlah pemilih di Tana Toraja tercatat sebanyak 193.698. Dan yang sudah dicoklit sebanyak 130.975.

“Meski banyak halangan dan rintangan yang dialami oleh PPDP, namun sejauh ini pelaksanaan coklit pemilih masih lancar. Sisa sembilan hari lagi dan saya optimis PPDP bisa menjangkau semua pemilih,” ujar Rizal Randa, Selasa, 4 Agustus 2020.

Rizal menerangkan bahwa selama pelaksanaan coklit pemilih, banyak ditemukan pemilih yang tidak memenuhi syarat. “Paling banyak adalah pemilih yang sudah meninggal dunia. Kemudian ada ganda, pindah domisili, dan masih dibawah umur,” katanya.

Rizal mengingatkan, bagi pemilih yang sudah dicoklit, bisa mengecek kebenaran datanya di laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Di laman ini, pemilih bisa melihat lokasi tempat pemungutan suaranya dimana dia akan mencoblos. (*)

Penulis: Desianti
Foto: Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dari PPK Makale melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dan keluarga. (dok. KPU Tana Toraja)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *