Hadapi Cuaca Ekstrim, Pemda dan Polisi Dirikan Posko Terpadu

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Badan Metereologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) merilis kemungkinan cuaca ekstrim melanda sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.

Menghadapi kemungkinan cuaca ekstrim ini, pemerintah kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, dan Polres Tana Toraja, akan mendirikan pos komando (Posko) terpadu untuk menangani masalah bencana alam yang mungkin terjadi.

Bacaan Lainnya

Posko terpadu ini merupakan salah satu kesepakatan yang diambil dalam rapat koordinasi multi stakeholder di Mapolres Tana Toraja, Senin, 6 Januari 2020.

Baca Juga  Operasi Simpatik, Polisi Bagi-bagi Hadiah untuk Pengendara Tertib

Hadir dalam rapat tersebut, diantaranya Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono Iryanto, Kepala BPBD Kabupaten Tana Toraja Alfian Andi Lolo, Kepala Dinas PUPR Tana Toraja, Yanti Mapaliey, Kepala BPBD Toraja Utara Alexander Tappang, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tana Toraja. Hadir pula Komandan Basarnas Pos Palopo, Letda Maickel MF.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Liliek Tribhawono Iryanto menyatakan dalam waktu secepatnya akan segera dibangun posko terpadu penanganan bencana di wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara, dengan melibatkan personil terpadu dari Polres Tana Toraja, Kodim 1414/Tator, BPBD, Basarnas, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan dukungan dari pihak terkait lainnya.

Baca Juga  Polres Tana Toraja dan BPBD Kirim Pasukan dan Peralatan Bantu Korban Banjir di Enrekang

Disebutkan, personil yang akan mengisi posko terpadu akan segera “action” di lapangan, dengan pertimbangan kondisi saat ini memerlukan gerak cepat penanganan.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Tana Toraja, Alfian Andi Lolo mengatakan bahwa posko yang dimaksud oleh Kapolres Tana Toraja akan dibangun secepatnya, minimal Selasa, 7 Januari 2020 1 posko terpadu telah dibangun. Menurut rencana lokasi di area plaza kolam Makale.

Keberadaan posko terpadu ini, menurut Alfian Andi Lolo, berfungsi multi, diantaranya sebagai sarana informasi kepada masyarakat, penerimaan laporan kejadian bencana, dan respon cepat penanganan laporan bencana. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. Polres Tana Toraja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *