Gempa 4,4 SR Berpusat di Enrekang, Getarannya Terasa Hingga ke Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, ENREKANG — Gempa bumi berkekuatan 4,4 Skala Richter mengguncang kabupaten Enrekang, Senin, 19 Agustus 2019 sore. Getaran gempa ini terasa hingga ke beberapa wilayah di Toraja.

“Terasa juga getarannya sampai di sini,” ungkap Nur Alam, warga Salubarani, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Tana Toraja.

Bacaan Lainnya

“Ada gempa,” tulis Yohana, warga Uluway, kecamatan Mengkendek.

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, dalam rilis resmi di websitenya menyebutkan gempa bumi berkekuatan 4.4 SR terjadi pada Senin, 19 Agustus 2019, pukul 15:07:08 Wita di wilayah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Baca Juga  Kalatiku Lantik Putra Asli Papua Jadi Camat Rantepao

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=4.4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.51 LS dan 119.69 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 Km Barat Laut Enrekang, Sulawesi Selatan, pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter,” ungkap Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, S.Si, M.Si.

Berdasarkan laporan masyarakat, lanjut Darmawan, gempabumi ini dirasakan di Enrekang III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Darmawan. (*)

Baca Juga  Ini Kandidat Sekolah Adiwiyata 2016 di Tana Toraja

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. Istimewah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *