Gaji Honorer di Toraja Utara Segera Dibayarkan

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Gaji tenaga kontrak daerah dan guru honorer di Toraja Utara segera dibayarkan. Kendalanya, banyak organisasi perangkat daerah (OPD) yang belum mengajukan permintaan.

“Uangnya sudah ada dan segera kita bayarkan. Tapi saya cek tadi, masih banyak OPD yang belum mengajukan permintaan pencairan gaji,” ungkap Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, dalam konferensi pers dengan sejumlah wartawan di Rantepao, Kamis, 4 April 2019.

Bacaan Lainnya

Kalatiku menegaskan bahwa pembayaran yang akan dilaksanakan saat ini sebanyak empat bulan gaji. “Ada yang masih tertunggak tahun lalu (2018) dan untuk beberapa bulan tahun ini. Empat bulan dulu kita bayar,” jelas Kalatiku.

Baca Juga  BERITA FOTO: Gabungan Pencinta Alam Tana Toraja Bentangkan Bendera Merah Putih Berukuran Raksasa di Buntu Burake

Dia menjelaskan, salah satu alasan keterlambatan pembayaran gaji honorer adalah pendapatan asli daerah (PAD) yang tidak mencapi target sesuai dengan perencanaan dalam APBD.

“Memang PAD kita tidak capai target, sehingga menyulitkan kita untuk melakukan pembayaran gaji honorer. Belum lagi ada kegiatan-kegiatan yang tidak terencana tapi harus dilaksanakan di tahun lalu,” jelasnya.

Selain soal PAD, Kalatiku menyebut jumlah honorer dan kontrak daerah yang ada saat ini melebihi kebutuhan daerah. Jumlah honorer ini merupakan limpahan dari pemerintahan yang lalu dan tenaga honorer yang baru.

“Maka itu kita sudah bentuk tim khusus dibawah kendali saya untuk menertibkan masalah tenaga honorer ini. Banyak honorer yang namanya masih tercatat tapi orangnya sudah tidak ada. Contoh di Satpol PP, ada 90 orang yang sudah tidak aktif yang kita dapatkan,” sesal Kalatiku.

Baca Juga  Hadiri Refleksi Kebangsaan di Paroki Makale, Nico sampaikan pentingnya Toleransi

Tahun lalu, kata dia, sudah ada tim yang dibentuk untuk menertibkan tenaga honorer, namun tim itu tidak bekerja efektif. “Sekarang saya langsung kendalikan. Supaya permasalahan honorer ini tidak menjadi beban dari tahun ke tahun. Kita membutuhkan honorer tapi harus sesuai dengan beban kerja yang ada,” pungkasnya. (*)
Penulis: Arthur/Herson/Arsyad
Foto: Arthur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *