FOTO: Wah, Ada Ukiran Toraja di Uni Emirat Arab

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Beberapa jenis ukiran Toraja, seperti pa’tedong, pa’bulu londong, pa’tangko patting, dan beberapa jenis ukiran lainnya, terpasang di sebuah hypermarket di Abu Dhabi, ibukota Uni Emirat Arab.

Ukiran-ukiran Toraja ini terlihat jelas pada sebuah foto yang dipublikasikan oleh situs detik.com, pada 13 September 2015. Pada foto itu terlihat Presiden Joko Widodo dengan latar ukiran-ukiran Toraja saat blusukan ke Lulu hypermarket, yang berada di pusat kota Abu Dhabi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Terkait Insiden di Rumah Jabatan, Bupati Toraja Utara Minta Masyarakat Tenang

Selain pada foto itu, sebuah video yang direkam oleh sebuah stasiun televise di Abu Dhabi, juga memperlihatkan situasi dimana Presiden Joko Widodo melihat-lihat produk-produk makanan dari Indonesia yang dijual di hypermarket itu. Dalam video yang dipublis oleh Jeevan TV, Presiden Jokowi melihat sebuah produk minuman asal Indonesia di depan gerai yang dibuat mirip lumbung padi (alang) khas Toraja.

Hingga kini, belum diketahui motif maupun alasan mengapa pemilik Lulu Hypermarket menggunakan ukiran Toraja di hypermarket yang banyak menjual produk-produk Indonesia tersebut. Lulu Hypermarket memiliki 165 gerai di seluruh Uni Emirat Arab. Hypermarket ini juga sudah membuka cabangnya di Indonesia.

Masyarakat Uni Emirat Arab kelihat cukup mengagumi Toraja. Selain ukiran-ukiran yang ada di Lulu Hypermarket tersebut, pada 12 Oktober 2017 yang lalu, anak-anak di sebuah sekolah di Abu Dhabi juga mengenakan busana adat Toraja saat menyambut Kontingen Indonesia yang akan mengikuti acara World Skills Competition 2017 itu.

Baca Juga  FOTO: Warga Gotong-royong Timbun Jalan Poros La’bo yang Rusak

BERITA TERKAIT: Pakaian Adat Toraja Dikenakan Anak-anak Uni Emirat Arab

Para siswa di Saad Bin Obadah School mengenakan beragam pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk pakaian adat Toraja. Selain Toraja, ada pula pakaian adat Madura, Bali, NTT, Jawa, dan beberapa daerah lainnya.

Selain Uni Emirat Arab, beberapa negara lain, seperti Malaysia, Brunai Darussalam, dan Singapura, juga menggunakan ukiran Toraja di beberapa fasilitas publik, seperti bandara, hotel, dan jembatan penyeberangan. (Desianti/dihimpun dari berbagai sumber)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar