FOTO: Talud Jalan di Balusu Ini Baru Dikerjakan Akhir Tahun 2017, Tapi Sudah Rusak

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, BALUSU — Talud jalan poros Tagari, yang terletak di Kelurahan Tagari, kecamatan Balusu, Toraja Utara, ambruk diterjang banjir, Kamis malam, 8 Maret 2018. Panjang talud yang ambruk sekitar 15 meter.

Pantauan karebatoraja.com, Jumat siang, 9 Maret 2018, kerusakan talud ini diduga kuat karena tidak kuat menahan volume air hujan yang meluap dari parit air di depan kantor Kelurahan Tagari. Selain yang sudah roboh, di beberapa titik di sekitar lokasi, baik kiri maupun kanan jalan, terlihat beberapa retakan di bagian atas talud. Jika tidak segera diatasi, dikhawatirkan kerusakan akan meluas, mengingat curah hujan yang tinggi beberapa waktu belakangan ini.

Bacaan Lainnya

“Kejadiannya kemarin malam, Pak. Lebat sekali hujan sehingga air tidak bisa ditampung di got air sehingga meluap ke jalan. Karena air ini, talud itu roboh,” ungkap warga yang ditemui di lokasi kejadian.

Meluapnya air hujan ini disebabkan karena parit air yang sempit; juga karena gorong-gorong yang memotong jalan, juga kecil ukurannya, sehingga tidak mampu menampung volume air yang begitu besar.

Warga menyebut, proyek talud, yang satu paket dengan pekerjaan pengaspalan dan drainase itu, baru selesai dikerjakan pada akhir tahun 2017 dan selesai pada awal Januari 2018. “Baru bulan Januari itu selesai,” ungkap warga lagi.

Meski baru selesai dikerjakan awal tahun 2018, namun papan informasi proyek, tidak terlihat lagi di lokasi proyek. “Itu hari ada dipasang di dekat jembatan di sana (Jembatan Tagari – red). Tapi nda adami sekarang,” kata warga.

Karena papan informasi proyeknya sudah tidak ada, karebatoraja.com, mencoba mencari data lelang proyek pada laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Toraja Utara. Pada laman ini ditemukan nama proyek Peningkatan Jalan Tagari Balusu (kerikil-aspal). Nilai proyeknya mencapai Rp3 miliar. Proyek ini dilelang oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Toraja Utara.

Berdasarkan pantauan lapangan, pekerjaan yang terlihat adalah aspal, talud, dan drainase. Panjang ruas jalan yang dikerjakan sekitar satu kilometer. (Arthur)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *