FOTO: Simbol Toraja di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar; Membanggakan, Juga Disayangkan

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKASSAR — Sebuah bangunan Tongkonan (rumah adat Toraja) berdiri megah di terminal kedatangan Bandara Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Bangunan Tongkonan itu begitu menonjol, sehingga setiap orang yang datang ke Makassar melalui Bandara Hasanuddin, pasti melihat salah satu simbol suku Toraja ini. Membanggakan!

Selain bangunan Tongkonan, simbol Toraja lainnya yang hadir di bandara terbesar di Indonesia Timur itu, adalah ukiran. Ya, belasan jenis ukiran Toraja terpampang di beberapa tempat. Yang paling jelas terlihat adalah di Tallasa Book Store. Ukiran Toraja dari berbagai bentuk, hadir di situ, dalam bentuk gambar yang dipasang pada tiang lebar mengapit gambar pulau Sulawesi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Nurdin Abdullah Launching Pembangunan 4 Ruas Jalan Provinsi di Toraja Utara
Inilah ukiran Pa’tedong yang dipasang terbalik di Tallasa Book Store Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

Ukiran-ukiran Toraja ini, juga bisa dilihat pada bingkai peta Indonesia, yang juga terpasang pada dinding di Bandara Sultan Hasanuddin. Ukiran Toraja menjadi bingkai peta berukuran cukup besar, yang biasa disambangi wisatawan asing untuk melihat lokasi wisata tujuan.

Sayang seribu sayang, lebih tepatnya disayangkan, ada salah satu bentuk ukiran Toraja, yakni “pa’tedong” yang terpasang terbalik pada dua media tersebut. Entah factor ketidaktahuan, atau kesengajaan, namun meski sudah sangat lama, ukiran yang terpasang terbalik tersebut, masih ada hingga saat ini. Sangat disayangkan!

Ini ukiran Pa’tedong, yang juga dipasang terbalik pada bingkai peta Indonesia di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

Seorang warga Toraja, Daniel Mandala, memposting foto gambar ukiran “pa’tedong” yang dipasang terbalik tersebut pada laman facebooknya, Minggu, 17 September 2017 dengan tulisan: MIRIS…hasil karya anak bangsa dilecehkan. Ukiran “PA’TEDONG” dipasang terbalik di Tallasa Book Store Bandara Sultan Hasanuddin.

Baca Juga  Dice Kondorura Terpilih Sebagai Ketua Umum Persekutuan Wanita Gereja Toraja

Selain Mandala, yang juga Kepala Lembang Saloso, Toraja Utara ini, pemandu wisata, Ino Toraja, juga pernah memposting foto peta Indonesia dengan ukiran “pa’tedong” yang dipasang terbalik di Bandara Hasanuddin. Ino menyertai postingannya itu dengan tulisan: Sudah beberapa kali mendapat kiriman pesan dari teman yang kebetulan berkunjung ke Toraja kalau ukiran Pa’Tedong yang ada di peta Sulawesi di Bandara Hasanuddin posisinya terbalik,mungkin bisa diperbaikilah. Ino menaruh harapan kepada yang berwenang untuk segera memperbaikinya.

Perbincangan tentang ukiran Pa’tedong yang terpasang terbalik di Bandara Sultan Hasanuddin, yang pernah ramai di media sosial.

Ukiran Pa’tedong yang dipasang terbalik ini, juga pernah didiskusikan panjang lebar oleh para netizen di beberapa group facebook Toraja, beberapa bulan lalu. Sayangnya, sampai saat ini, tidak ada orang; pemerintah atau pemangku adat Toraja, yang bertindak. Misalnya menegur atau memberitahu kepada pengelola Bandara Sultan Hasanuddin, tentang kekeliruan tersebut. (Desianti/foto: Burhanuddin/Daniel Mandala)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *