FOTO: Ratusan Karya Seni Dipamerkan di Kampung Wisata Karassik Hills

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Ratusan karya seni bernilai tinggi hasil gorasan tangan para seniman Toraja dan seniman hebat lainnya dari 8 Provinsi di Indonesia dipamerkan di Kampung Wisata Karassik Hills, Rantepao, Toraja Utara.

Pameran yang diselenggarakan atas inisiatif dan dibiayai sendiri oleh para seniman ini berlangsung sejak 29 Agustus hingga 5 September 2020.

Bacaan Lainnya

Selain pameran, saban malam, para seniman menggelar diskusi-diskusi soal budaya, perkembangan seni, membaca puisi, juga membicarakan masa depan para seniman.

Di pameran ini, selain seni lukis, ada pula pembelajaran soal membantik, membuat manik-manik khas Toraja, kursus melukis, dan share pengalaman antara para seniman senior kepada yunior.

Baca Juga  Salahartikan Rambu Solo', NH: Saya Tahu Persis, Hanya Pertanyaannya Terlalu Cepat dan Kurang Jelas

Salah satu penggagas sekaligus pemilik Kampung Wisata Karassik Hills, Lukman, mengatakan pameran ini dilaksanakan atas inisiatif dan penyatuan gagasan oleh para senima Toraja, kemudian menyatukan diri, mengumpulkan biaya bersama-sama, dan tanpa bantuan dari pihak manapun.

“Lalu saya informasikan kepada kawan-kawan lintas provinsi dan mereka sangat antusias. Sehingga di luar Sulsel, ada tujuh provinsi yang berpartisipasi, seperti Bali, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sulut, Sultra, Sulbar, dan Kalimantan Timur,” tutur Lukman.

Lukman menyebut pameran ini terselenggara dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 dan Hari Jadi Toraja ke 773. Selain itu, untuk merangsang semangat masyarakat dan para seniman agar tetap berkarya di tengah ancaman virus Corona.

Baca Juga  Gubernur: Pembangunan Jalan Pariwisata Kolaborasi Pemda, Pemprov, dan Pemerintah Pusat

“Ini kita selenggarakan secara virtual, mengingat protokol kesehatan Covid-19. Tapi kami tidak bisa membatasi masyarakat yang datang langsung ke lokasi untuk melihat. Tentu kami terus mengingatkan agar menerapkan protokol kesehatan selama di lokasi,” katanya.

Lukman mengatakan, selama pameran berlangsung, banyak karya seni dari para seniman yang dipamerkan, laku terjual. “Sudah banyak yang terjual, soal harganya, janganmi saya sebutkan,” ujarnya.

Pameran ini juga, kata Lukman, juga untuk membangkitkan semangat dan menumbuhkan seni di Toraja. Karena seni adalah salah satu pilar penting pariwisata.

“Toraja menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan untuk membangkitkan ekonomi, tapi maaf saja, seni rupa itu masih dianaktirikan. Padahal pariwisata itu salah satu pilarnya adalah kesenian,” tegas Lukman.

Baca Juga  FOTO: Wow, Lumbung Padi Khas Toraja Ini Jadi Maskot Museum di Jerman

Menurut rencana, pameran sejenis akan dilaksanakan lagi pada bulan Desember mendatang dengan menghadirkan lebih banyak karya seni maupun para seniman yang terlibat.

“Mohon doa dan dukungan agar kita bisa pameran lagi pada bulan Desember mendatang,” pinta Lukman.

Ada banyak seniman Toraja yang terlibat dalam dalam pameran ini, seperti Tara Batara, Ino Angga, Frans Pongsama’, Mumut, Frans Sarira, Lukman Toraja, Mike Turusy, Daniel Elgibor, Buyung, Nunu’, John Rudolf Sumule, Appi Pongtuluran, Bubun, Stev Raru, Rana Dase, dan beberapa nama lainnya. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Lukisan-lukisan keren dan hasil karya seni lainnya yang dipamerkan di Kampung Wisata Karassik Hills Rantepao, Toraja Utara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *