FOTO: Momen Sejuk pada Deklarasi Pilkada Damai Polres Toraja Utara

  • Whatsapp

Ma’papangan (menyajikan sirih dan pinang) dan Tadoan Tole (memberikan rokok) adalah kebiasaan dalam masyarakat Toraja ketika menyambut tamu, mempererat persahabatan dan persaudaraan, juga momen untuk saling berempati satu sama lain. Pendeknya, kedua momen ini menampilkan kesejukan antara yang diberi dan yang menerima.

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Selasa, 22 September 2020, Polres Toraja Utara menggelar deklarasi Pemilukada Toraja Utara 2020 Aman, Damai, dan Sehat.

Deklarasi ini dihadiri dan ditandatangani oleh tiga pasangan calon yang akan bertarung di Pikada Toraja Utara, 9 Desember 2020 mendatang. Juga KPU dan Bawaslu Kabupaten Toraja Utara, serta Forkopimda dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Ketiga pasangan calon yang hadir, masing-masing Kalatiku Paembonan dan Etha Rimba, Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung, dan Yohanis Bassang dan Frederik Victor Palimbong.

Baca Juga  Kejuaraan Bulutangkis Kapolres Tana Toraja Cup Resmi Dibuka

Deklarasi dan penandatanganan tekad melaksanakan Pemilukada Damai ini dilaksanakan di halaman Mapolres Toraja Utara.

Kapolres Toraja Utara, AKBP Yuda Wirajati mengatakan deklarasi ini dilaksanakan untuk mengingatkan dan menegaskan komitmen para calon, tim pemenangan, partai politik, maupun masyarakat bahwa Pilkada, yang merupakan momen politik untuk memilih pemimpin, mesti dilaksanakan dengan jujur, aman, damai, dan sehat.

“Saya berharap, semua pihak yang terlibat dalam Pemilukada ini bisa memberikan edukasi politik yang baik kepada masyarakat. Juga melaksanakannya dengan damai, aman, dan sehat. Karena kita tahu bahwa Pemilukada kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19,” terang Kapolres.

Itu sebabnya dia meminta agar semua stakeholder, pemilih, juga masyarakat banyak agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 selama menjalani tahapan-tahapan Pilkada.

Deklarasi Pemilukada Damai ini sebenarnya merupakan agenda rutin pihak keamanan menjelang pelaksanaan momen politik. Namun di halaman Mapolres Toraja Utara, kemarin sore, terlihat sekali bahwa para calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung di Pikada menerjemahkan deklarasi itu lebih dari sekedar seremonial.

Baca Juga  Atasi Kemacetan di Rantepao, Aktivitas Bus AKDP Akan Dipindahkan ke Terminal Bolu

Mereka memperlihatkan bahwa Pemilukada hanyalah momen politik lima tahunan, tapi persaudaraan, persahabatan, dan rasa ke-Sangtorayaan, mesti tetap dijaga dan dirawat.

Itu terlihat ketika dua calon Bupati, yakni Yosia Rinto Kadang dan Yohanis Bassang saling memberikan rokok. Rinto, sebagai yang lebih muda, memperlihatkan respeknya terhadap sang kakak, Yohanis Bassang dengan menyalakan api rokok untuk Bassang. Bassang pun menerimanya dengan senang hati.

Fotografer Andik Naaghot berhasil merekam momen-momen sejuk tersebut.

Merokok, sebagaimana kampanye kesehatan yang digaungkan selama ini, memang merusak tubuh. Namun dalam kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja, memberikan rokok bukan hanya soal mengisap dan menghembuskan asap dari tembakau, tapi mengandung arti yang lebih dalam, sama seperti kata-kata dalam pengantar tulisan ini.

Selain saling memberikan rokok, kedua pasangan ini juga melanjutkan momen kesejukan dengan berfoto bersama dengan bertukar posisi.

Baca Juga  Tokoh Toraja yang Disebut-sebut Bakal Bertarung Menuju Senayan

Dalam beberapa kesempatan, Yohanis Bassang dan Yosia Rinto Kadang selalu menggaungkan wacana bahwa Pilkada hanyalah momen politik, tapi persaudaraan dan ke-Sangtorayaan tak boleh luntur. Bassang sering menyebut bahwa pertarungan Pilkada hanyalah “samba-semba’ sangmanae” (adu kaki antara sahabat).

Andi’na gara-gara yate pemilihan, andi’na den sikabenge’ lulako lujomai. Tae’na bisa susito! Demokrasi itu pasti ada menang ada kalah,” kata Bassang pada suatu kesempatan.

“Semua yang akan bertarung di Pikada adalah putra-putri terbaik Toraja Utara. Silahkan masyarakat memimilihnya dengan hati nurani. Kami tetap akan bersahabat meski Pilkada ini usai,” begitu Yosia Rinto Kadang berujar. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Calon Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang menyalakan api rokok untuk calon lainnya, Yohanis Bassang di sela-sela kegiatan Deklarasi Pemilukada Damai, Aman, dan Sehat yang berlangsung di halaman Mapolres Toraja Utara, kemarin. (dok. Andik Naaghot)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *