BERITA FOTO: Meriahnya Perayaan HUT Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja di Buntu Burake

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja ke 60 dan Hari Jadi Toraja ke 770, berlangsung meriah di objek wisata religi Buntu Burake, Makale, Kamis, 31 Agustus 2017.

Kemeriahan serta beragam atraksi budaya yang ditampilkan, membuat Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, kagum. Demikian juga Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, mengantar Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo menuju ke panggung utama.

“Tana Toraja akan kita persiapkan sebagai daerah tujuan wisata internasional. Atraksi budaya di sini banyak, seperti yang terlihat saat ini. Harus ada destinasi lain selain Bali,” kata Tjahyo Kumolo.

Baca Juga  BERITA FOTO: Antusiasme Warga Sambut Kedatangan Sharon Toraja

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja kelihatan mempersiapkan acara HUT Kabupaten dan Hari Jadi Toraja ini dengan baik. Acara demi acara berjalan cukup lancar. Jumlah warga yang hadir pun sangat banyak. Ada ribuan warga dari berbagai kecamatan yang menghadiri dan turut berpartisipasi di acara ini.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, berbincang hangat dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo.

Menurut Ketua Panitia, yang juga Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Tana Toraja, Semuel Tande Bura, jumlah warga yang hadir mencapai 3500 orang. Semuel menyebut, pada acara puncak ini banyak atraksi yang dihadirkan oleh panitia, diantaranya beragam kesenian dan tari Toraja, pentas musik etnik, dan parade merah-putih oleh taruna Paskibraka dan siswa-siswi sekolah.

Baca Juga  Biar Tubuh Makin Sehat, Ayo Ikut Donor Darah di RS Pongtiku Toraja Utara Tanggal 2 Mei Nanti
Tarian adat massal yang dilakukan oleh para siswa SMP dan SMA memeriahkan HUT Kabupaten dan Hari Jadi Toraja

Selain itu, pada acara puncak ini, juga dilaksanakan prosesi penganugerahan gelar adat Toraja kepada Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo. Pemberian gelar adat itu dipimpin oleh Tominaa Marthen Ruru dan disaksikan oleh ketua lembaga adat se Tana Toraja.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, menyerahkan piagam Singgi’ kepada Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, usai penganugerahan gelar adat Toraja.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, juga menyerahkan bantuan uang sebesar Rp1 milyar kepada pemerintah kabupaten Tana Toraja, untuk mempersiapkan pagelaran event promosi wisata Lovely December, yang dijadwalkan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Desember 2017 mendatang.

Baca Juga  Kalatiku Tegaskan Segera Perbaiki Gedung SDN Salu Gusi, Toraja Utara
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, menerima bantuan tiga unit mobil sampah dari PT Malea Energy.

Selain memberi bantuan dana, Gubernur juga berjanji menghadirkan Presiden Joko Widodo dan beberapa Menteri Kabinet Kerja di Toraja pada acara Lovely December tahun 2017. Dia juga berharap Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, hadir di acara tersebut.

Launcing program i-Torayamaelo Library atau perpustakaan online. Perpustakaan Online ini baru pertama kali diadakan di Sulsel.

Selain itu, juga dilakukan launcing program i-Cerdas, kerjasama dengan Bank BNI kepada 100 orang anak berprestasi di Tana Toraja. Juga launcing program i-Torayamaelo Library atau perpustakaan online. Serta penyerahan tropy Program Kampung Iklim tingkat nasional kepada Kepala Lembang Bua Tarrung, kecamatan Rembon. Selain itu, masih ada penandatangan prasasti pembangunan perumahan The Grandika Toraja.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, memberikan keterangan pers terkait HUT Kabupaten dan Hari Jadi Toraja serta melakukan promosi wisata kepada beberapa media elektronik nasional, regional, dan media lokal.

Selain Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Sulawesi Selatan, puncak perayaan HUT Kabupaten Tana Toraja ke 60 dan Hari Jadi Toraja ke 770 ini, juga dihadiri sejumlah tamu penting, diantaranya Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Udin Hianggio, pemilik MNC Group Harry Tanoe Sudibiyo, Bupati Luwu Andi Mudzakkar, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, tokoh-tokoh diaspora Toraja, dan beberapa tamu undangan lainnya. (Arthur/Herson/Arsyad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *