FOTO: Lo’ko Mebali; Air Terjun yang Bisa Membalas Ketika Anda Berteriak

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, SOPAI — Anda mungkin tidak pernah membayangkan ada air terjun yang bisa membalas jika Anda berteriak. Memang hanya gema; dimana dinding batu dan lingkungan lembah di sekitar air terjun ini yang membalas kembali teriakan Anda. Tapi itulah salah satu keunikan air terjun Lo’ko Mebali.

Air terjun Lo’ko Mebali terletak di jalan poros Salu-Dende’, tepatnya di wilayah Lembang (desa) Salu Sarre, kecamatan Sopai. Jalur jalan ini merupakan salah satu alternatif yang bisa memangkas jarak tempuh dari Rantepao, ibukota kabupaten Toraja Utara, ke Dende’ Piongan Napo, dibanding harus memutar via Rantetayo, Tana Toraja.

Bacaan Lainnya

Jarak air terjun ini dari kota Rantepao sekitar 12 kilometer. Tapi jangan khawatir, dengan kondisi jalan yang cukup bagus lewat jembatan Alang-Alang lalu ke Salu, waktu tempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, cukup singkat, sekitar 45 menit.

Kepala Lembang Salu Sarre, Andi Surawijaya, menjelaskan air terjun Lo’ko Mebali ini dinamakan seperti itu karena keunikannya yang bisa membalas teriakan atau kata-kata orang. Dalam bahasa Toraja, Mebali diartikan sebagai membalas pembicaraan. Sedangkan Lo’ko adalah gua atau kuburan batu. Nah, di lokasi air terjun Lo’ko Mebali ini memang terdapat gua dan di dalam gua tersebut berjejer makam (patane) milik warga setempat.

“Itulah keunikan dari air terjun Lo’ko Mebali ini. Di situ ada beberapa patane dan kuburan batu yang usianya diperkirakan sudah ratusan tahun. Kuburan itu masih digunakan warga di sini. Lalu, gua ini menghasilkan gema. Sudah begitu, ada air terjun di depannya. Tempat ini benar-benar unik,” ujar Andi.

Sayangnya, jelas Andi, jika musim kemarau, volume air terjun menurun drastis. Bahkan, jika kemarau panjang, tidak ada air sama sekali.

Andi mengatakan, selain air terjun Lo’ko Mebali, masih ada air terjun bercabang dua lainnya di wilayah lembangnya, yakni Sarambu Burasia. “Sarambu Burasia ini juga unik dan indah,” katanya. (Arthur/Foto: Adriana KS)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *