FOTO: Kerusakan Bangunan Akibat Angin Kencang di Objek Wisata Buntu Burake

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kota Makale, ibukota kabupaten Tana Toraja, dan sekitarnya Minggu petang, 10 Maret 2019, memberi dampak kerusakan bangunan dan pepohonan.

Meski berlangsung tidak terlalu lama, namun hujan dan angin kencang ini berdampak besar terhadap beberapa bangunan milik warga dan pemerintah di Kota Makale dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Di kawasan objek wisata Buntu Burake, situasi cukup parah. Sejumlah bangunan kios milik para pedagang porak poranda diterjang hujan dan angin. Ratusan wisatawan yang sedang berkunjung dibuat panik dengan keadaan ini.

Seorang pengunjung objek wisata Buntu Burake, Nimrot Panggoa, bercerita, ratusan wisatawan yang sedang menikmati pemadangan dan panorama Buntu Burake mendadak panik saat hujan disertai angin tiba-tiba menerjang. Bunyi hujan dan angin yang berbaur membuat para wisatawan panik. Apalagi melihat beberapa atap kios melayang diterbangkan angin.

“Ada sekitar 100-an wisatawan yang ada di atas (Buntu Burake) tadi. Mereka panik, karena hujan dan angin yang turun secara mendadak,” ungkap Nimrot.

Dia menyebut, hampir semua bangunan kios milik para pedagang di sekitar patung Yesus Memberkati, mengalami kerusakan. Namun ada beberapa yang rusaknya sangat parah dan hancur.

Selain di Buntu Burake, di Jalan Poros Landa-Landa (komplek pemakaman Islam) satu batang pohon besar tumbang. Pohon besar ini melintas di jalanan sehingga membuat jalur jalan Landa-Landa tertutup.

Sebuah laporan dari netizen yang belum terkonfirmasi, menyebut satu unit rumah milik warga di dekat SMA Negeri 2 Tondon Makale, rusak berat ditimpa pohon tumbang. (*)

Penulis; Arsyad Parende
Foto: Nimrot Panggoa

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *