FOTO: Ini Kerbau-kerbau “Cantik” Berharga Ratusan Hingga Miliaran dari Toraja Utara

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Festival dan kontes kerbau yang diselenggarakan pemerintah kabupaten Toraja Utara, dalam rangkaian Lovely December 2017, di Lapangan Bakti, Rantepao, Kamis, 28 Desember 2017, memperlihatkan betapa kabupaten yang dikenal sebagai “Negeri di Atas Awan” ini, kaya akan kerbau-kerbau “cantik” (baca: ketanda).

Festival dan kontes kerbau ketanda ini disaksikan langsung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan para tamu undangan. Ratusan warga masyarakat juga terlihat antusias menyaksikan kontes kerbau ini.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Diaspora Toraja di Eropa Kumpul Donasi Rp250 Juta untuk Korban Gempa Palu-Donggala

Ya, dari semua yang ditampilkan kecamatan-kecamatan yang ada, terlihat puluhan kerbau berbagai jenis; ada bonga, saleko, balian, lotong boko, pudu, dan lain sebagainya. Harganya pun tak main-main. Dari hasil wawancara jurnalis karebatoraja.com dengan para pemilik kerbau, harganya mulai dari kisaran Rp400 juta hingga Rp1 miliar. Wow.

Kontes kerbau ini, kata Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, bukan hanya soal harga saja, namun yang lebih penting adalah bagaimana kerbau-kerbau ini bisa memberi dampak, baik secara sosial budaya maupun ekonomi.

Kontes kerbau ini, dimaksudkan untuk merangsang para peternak agar lebih rajin dalam memelihara ternaknya. Dengan demikian, bisa membantu ekonomi keluarganya. (Desianti/foto; Paul T.)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *