Dukung Proses Belajar Online, Pemkab Tana Toraja Sediakan Internet Gratis di 9 Kecamatan

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mulai memperluas jaringan internet gratis ke 9 kecamatan di Kabupaten Tana Toraja guna mendukung proses belajar berbasis online (internet).

Proses belajar yang menjadi prioritas dalam menyediaan internet adalah proses belajar Calistung (Baca Tulis Hitung) bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan mata pelajaran tertentu untuk Siswa SMP hingga Perguruan Tinggi.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Berthy Mangontan mengatakan program Internet Publik Kecamatan adalah upaya Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mendekatkan jaringan internet ke Kecamatan – kecamatan untuk membantu proses belajar berbasis Internet untuk pelajar.

Tahap awal yang disentuh saat ini ada sembilan kecamatan, yaitu di Depan Pasar Makale, di Kantor Arsip dan Perpustakaan untuk Kecamatan Makale Utara, di Depan Pasar Sangalla Kecamatan Sangalla Utara, di Depan Pasar Rembon Kecamatan Rembon , di Puskesmas Kecamatan Malimbong Balepe, di Pasar Ge’tengan Kecamatan Mengkendek, Kantor Kecamatan Bittuang, Pasar Salubarani Kecamatan Gandangbatu Sillanan, dan di Kantor Lurah Pattan Ulusalu Kecamatan Saluputti.

“Untuk tahap awal pemasangan internet ini baru satu titik satu kecamatan sehingga kita prioritaskan dulu daerah-daerah yang disitu banyak rumah penduduk sehingga anak sekolah bisa mengakses Internet dari rumah dan belajar dari rumah tanpa harus berkerumun di satu tempat,” ungkap Berthy Mangontan, Jumat, 22 Mei 2020.

Jaringan internet yang dipasang ini diklaim mampu menjangkau sampai 200 meter dengan kekuatan 10 Mbps dan 400 user sehingga pelajar bisa mengakses internet dari rumah.

Untuk menjamin agar internet tidak menimbulkan kerumunan maka akses point akan dijaga petugas agar tidak menjadi tempat berkerumun. Internet area publik Kecamatan ini efektif berjalan mulai 1 Juni 2020. Untuk saat ini sudah tahap percobaan. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. Diskominfo Kabupaten Tana Toraja

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *