DPRD Tana Toraja Setujui Penyerahan Aset Daerah ke Toraja Utara

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tana Toraja menyetujui penyerahan aset daerah Tana Toraja ke pemerintah kabupaten Toraja Utara. Penyerahan ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan.

Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, menyatakan DPRD bersama pemerintah kabupaten Tana Toraja sudah sepakat menyerahkan beberapa aset daerah, yang sebelumnya belum diserahkan ke Pemkab Toraja Utara, pasca pekemaran kabupaten pada tahun 2008 yang lalu. Untuk diketahui, pemerintah kabupaten Tana Toraja sudah beberapa kali menyerahkan aset daerah ke kabupaten pemekarannya, Toraja Utara.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Bantuan Kemanusiaan dari Toraja Dibagikan Hingga ke Posko Terjauh

“Ini aset yang sisa, yang akan kita serahkan,” ungkap Welem.

Adapun asset daerah yang diserahkan, diantaranya Piutang Pajak sebesar Rp221.807.982,00, Sisa UUDP tahun 2005-2008 sebesar Rp8.546.300, Kemitraan dengan Pihak Ketiga sebesar Rp252.407.500, aset tetap yang tidak tercatat dalam LKPD Kabupaten Tana TorajaTahun 2016 namun belum diterima oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sebesar Rp5.025.012.814, Aset tetap berupa kendaraan dinas pada Dinas Pendidikan, Setda, BPKAD, dan ex. Dinas Kehutanan dan Perkebunan seebsar Rp 264.750.500, dan Dana Bergulir yang berada di wilayah Kabupaten Toraja Utara sebesar Rp2.010.386.279.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, yang menerima persetujuan DPRD soal penyerahan aset daerah, mengatakan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksan Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Propinsi Sulawesi Selatan terhadap laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2016 direkomendasikan bahwa dana bergulir sebesar Rp 2.010.386.279 diserahkan ke kabupaten Toraja Utara.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Tiga Lumbung Padi Milik Warga di Bonggakaradeng Tumbang Diterpa Angin

Demikian juga dengan temuan BPK terkait piutang pajak, sisa UUDP tahun 2005-2008, kemitraan dengan pihak ketiga, aset tetap yang tidak tercatat dalam LKPD Kabupaten Tana Toraja Tahun 2016 namun belum diterima oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Aset tetap (Kendaraan Dinas) pada Dinas Pendidikan, Setda, BPKAD, serta ex. Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Victor mengatakan, pemerintah kabupaten Tana Toraja akan segera melaksanakan keputusan DPRD, yang dengan menyerahkan aset-aset daerah itu kepada kabupaten pemekaran, Toraja Utara, dalam waktu dekat. (Arthur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *