Diskominfo Tana Toraja Sediakan Wifi Gratis di Simbuang dan Mappak

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, SIMBUANG — Mengatasi masalah minimnya signal celuller di wilayah kecamatan Simbuang dan Mappak, pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memberikan bantuan wifi gratis.

Akses internet gratis yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memberikan bantuan wifi gratis ke wilayah yang tidak terjangkau sinyal (blankspot).

Bacaan Lainnya

“Program bantuan layanan akses internet wifi dilaksanakan oleh Kemkominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk mengurangi kesenjangan telekomunikasi, terutama di wilayah-wilayah terpencil,” terang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tana Toraja, Berthy Mangontan, Kamis, 6 Februari 2020.

Program ini, kata Berthy, fokus kepada penyediaan layanan seluler telepon dasar di daerah yang belum mendapatkan sinyal seluler melalui jaringan internet.

Berthy menerangkan, tahun 2019, Kabupaten Tana Toraja mendapat bantuan di dua lokasi, yaitu di Kantor Kelurahan Sima, Kecamatan Simbuang dan Kantor Kelurahan Kondodewata, Kecamatan Mappak.

“Pada tahun 2017 yang lalu, melalui Program Desa Broadband Terpadu, Kabupaten Tana Toraja juga mendapatkan bantuan internet wifi di Lembang Paliorong Kecamatan Masanda melalui perangkat VSAT,” ujar Berthy.

Dengan hadirnya layanan wifi gratis ini, kata Berthy, masyarakat dapat melakukan komunikasi telepon dan video call dengan mengaktifkan wifi yang berada di lokasi terlebih dahulu kemudian membuka aplikasi yang biasa digunakan untuk video call/telepon (WhatsApp).

“Walaupun jarak koneksi internet hanya 30-40 meter, tetapi masyarakat sangat mengapresiasi dan berterima kasih akan layanan yang sudah dinikmati bersama,” katanya. (*)

Penulis/foto: Arsyad Parende

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *