Dishub Tana Toraja Akan Bentuk Koperasi Angkutan Penumpang Bandara Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Dinas Perhubungan Kabupaten Tana Toraja merespon kekhawatiran masyarakat terkait angkutan darat penumpang pesawat dari dan ke Bandara Toraja (Toraja Airport) di Kecamatan Mengkendek.

“Kita akan bentuk koperasi khusus angkutan penumpang pesawat dari dan ke Toraja Airport, masyarakat tak perlu resah dan khawatir,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tana Toraja, Army Lenggo, Jumat, 28 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Pembentukan Koperasi Angkutan Bandara ini, kata Army, sudah dijajaki dan dikomunikasikan, baik dengan Dinas Koperasi Kabupaten Tana Toraja maupun dengan pihak otoritas Toraja Airport.

Baca Juga  Bawa 23 Penumpang dan Crew, Citilink Sukses Mendarat di Bandara Toraja

“Dengan Kepala Bandara kita sudah komunikasi, demikian pula dengan Dinas Koperasi, juga kita sudah rapat tentang apa dan bagaimana persyaratan pendirian koperasi,” terang mantan Kepala Kesbangpol Kabupaten Tana Toraja itu.

“Dalam waktu dekat ini, Koperasi ini akan terbentuk. Karena kita harus cepat menyambut jadwal penerbangan komersil reguler, yang sudah ditetapkan oleh maskapai swasta ke Bandara Toraja,” kata Army lebih lanjut.

Dia menegaskan pembentukan koperasi ini bertujuan agar angkutan penumpang bandara bisa tertib, teratur, dan tidak kacau. Tujuan lainnya adalah untuk merangsang pertumbuhan ekonomi bidang jasa angkutan kepada masyarakat Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Dengan hadirnya angkutan resmi bandara dari Koperasi, keselamatan dan kenyamanan penumpang juga bisa kita jamin. Kalau angkutan liar, susah kita pantau,” katanya.

Baca Juga  Ka Bandara Pongtiku Dikabarkan Meninggal Dunia, Padahal Sedang Persiapkan Peresmian Toraja Airport

Untuk menjadi anggota Koperasi, kata Army, seseorang mesti memiliki mobil angkutan dengan batas tahun pembuatan/keluaran paling dibawah 2015. “Di sana (jalan ke bandara) ada tanjakan, kita ingin mobil yang prima demi keselamata penumpang,” terangnya.

Koperasi ini, urai Army, terbuka untuk umum, semua masyarakat yang mau menjadi anggota, dipersilahkan. “Kita tidak batasi diri dari Tana Toraja saja, dari Toraja Utara juga kita terima,” ujarnya. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tana Toraja, Army Lenggo bersama beberapa pegawai menghadiri penedaratan perdana sekaligus ujicoba Bandara Toraja beberapa waktu lalu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *