Dinkes Sebut Tidak Ada Vaksin Palsu di Toraja

  • Whatsapp
Kadis Kesehatan Tana Toraja, dr Samuel P Buli

Warga Tana Toraja dihimbau untuk tidak panik, apalagi stres, terkait pemberitaan media soal peredaran vaksin palsu. Sebab, Dinas Kesehatan setempat menjamin tidak ada vaksin palsu yang beredar, apalagi digunakan di Puskesmas atau rumah sakit.

“Kami jamin tidak ada vaksin palsu di Tana Toraja. Karena semua vaksin yang ada saat ini, maupun sebelum-sebelumnya diambil dari Departemen Kesehatan RI,” tegas Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, dr Samuel Palin Buli.

Jaminan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan ini bukan tanpa alasan. Sebab, semua Puskesmas, rumah sakit pemerintah, maupun rumah sakit swasta yang ada di Tana Toraja,  menggunakan vaksin yang berasal dari satu sumber, yakni Dinas Kesehatan.

“Rumah sakit swasta maupun dokter praktek selalu melakukan vaksinasi secara terintegrasi dengan Puskesmas setempat. Itu sebabnya, kita jamin tidak ada vaksin palsu di Tana Toraja,” tegas Samuel.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur RSUD Lakipadada, dr Rudhy Andi Lolo, juga menyatakan hal yang sama. Menurut dia, vaksin yang ada di RSUD Lakipadada berasal dari agen resmi dan Departemen Kesehatan.

“Kita tidak mau sembarangan membeli vaksin karena itu terkait dengan kesehatan dan nyawa manusia,” ujar dr Rudhy. Untuk rumah sakit, lanjut dr Rudhy, jenis vaksin juga terbatas.

“Yang ada di kita kan hanya vaksin rabies dan tetanus. Yang diributkan itu kan vaksin-vaksin dasar, seperti campak, polio, dan beberapa jenis vaksin dasar lainnya,” tegasnya. (arthur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *