Dinas Perindustrian Toraja Utara Latih Warga Buat Selai dan Dodol Berbahan Dasar Tamarillo

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, BATUTUMONGA — Untuk memperkuat ketahanan ekonomi di tengah pandemic Covid-19, Dinas Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Toraja Utara memberikan pelatikan pembuatan Selai dan dan kue Dodol berbahan dasar Tamarillo.

Pelatihan yang digelar selama dua hari, 26-27 Juni 2020 di Mentirotiku, Batutumonga ini, bertujuan untuk mendukung, meningkatkan, dan memperkuat kapasitas pelaku usaha micro, kecil, dan menengah (UMKM), sehingga perekonomian mereka bisa meningkat dengan memanfaatkan produk unggulan yang bahan bakunya tersedia di Toraja.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang UMKM Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Toraja Utara, Yenny Pretty Bulo, mengatakan pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan pelaku usaha micro dan kecil di Toraja Utara.

Baca Juga  Usaha Micro di Tana Toraja Dapat Bantuan Modal Usaha dari Pemerintah

Pemilihan bahan dasar Tamarillo (Terung Belanda), kata Yenny, dikarenakan produk pertanian tersebut banyak tersedia di Toraja Utara, terutama di daerah dataran tingggi.

Kemudian, selain diolah menjadi juice, Tamarillo ternyata juga bisa dioleh menjadi selai dan penganan Dodol. Para peserta juga diberi pelatihan bagaimana cara membuat roti tawar, yang bisa dimakan dengan selai Tamarillo.

“Dengan pelatihan ini, selain untuk mendukung peningkatan ekonomi pelaku UMKM, kita juga berharap agar mereka menjadi pasar terdekat bagi masyarakat di tengah pandemic Covid-19,” tutur Yenny.

Selain Tamarillo, lanjut Yenny, Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Toraja Utara juga akan melakukan pelatihan lanjutan dengan jenis bahan dasar lain, yang juga merupakan produk asli Toraja, seperti Lombok Katokkon, beras, dan umbi-umbian.

Baca Juga  Toraja Utara Rekrut Tenaga Pendamping Koperasi dan UMKM

Alan Tonapa, salah satu peserta pelatihan, mengatakan dirinya mendapat nilai tambah dari kegiatan ini. Selama ini, kata Alan, Tamarillo hanya digunakan untuk membuat minuman (juice).

“Tapi dengan pelatihan ini, saya menjadi tahu, bahwa Tamarillo juga bisa dibuat selain dan rasanya sangat enak,” tutur Alan. (*)

Penulis: Desianti
Foto: dok. istimewah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *