Dikoordinir Anggota DPRD Fak-Fak, Diaspora Salu Sopai Bantu APD Covid-19 untuk Petugas Posko

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, SOPAI — Diaspora Toraja Utara mengapresiasi kerja keras pemerintah Toraja Utara sehingga kabupaten tersebut sampai saat ini masih bebas dari penyebaran Covid-19. Kerja keras pemerintah daerah ini perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, termasuk para perantau agar Covid-19 ini tidak sampai menyebar di daerah tersebut.

Dukungan itu bisa diberikan melalui sikap menahan diri agar tidak memaksakan diri pulang kampung dimasa pandemi ini, maupun kegiatan lain yang dapat mendukung pelaksanaan program social distancing di daerah.

Bacaan Lainnya

Hal yang tersebut dipahami oleh para diaspora Salu Sopai, Kecmatan Sopai yang mengambil inisiatif untuk memberikan dukungan penguatan di tiga posko pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Salu pada umumnya.

Dikoordinir oleh salah anggota DPRD Kabupaten Fak-fak, Provinsi Papua Barat yang juga merupakan salah satu perantau asal lembang Salu Sopai, Isak Patanduk, para perantau yang pada umumnya didominasi oleh para pemuda ini menggalang donasi untuk pengadaan alat pelindung diri bagi petugas posko.

Baca Juga  JRM Serahkan Bantuan APD dari Golkar Sulsel Untuk Satgas Covid-19 Tana Toraja

Dukungan moril kepada petugas posko ini diharapkan bisa menambah semangat kepada para petugas dalam menjalankan tugasnya, meskipun dalam menjalankan tugas tersebut kadang mendapatkan perlawanan namun perlawanan tersebut diharapkan tidak mengurangi semangat mereka dalam menjaga daerah dan juga masyarakat di wilayah Sang Saluan agar tidak terinfeksi oleh virus tersebut.

Dikonfirmasi melalui telepon cellulernya, Isak Patanduk, menyampaikan bahwa pada prinsipnya para Diaspora Salu Sopai tidak terkotakkan oleh pembagian administrasi pemerintahan di daerah Salu Sopai tersebut.

Hal ini merupakan potensi bagi para Diaspora Salu untuk dapat terkonsolidasi dengan baik, sementara yang sudah bergabung didalam kelompok ini pada umumnya masih didominasi oleh para generasi muda, dan terdiri dari berbagai daerah.

“Belum semuanya terdata, karena memang baru di mulai, sampai saat ini sudah ada beberapa daerah yang sudah bergabung dan bahkan para diaspora yang merantau di luar Indonesia seperti Malaysia juga sudah bergabung, dukungan untuk penguatan posko merupakan aksi solidaritas perdana kami, mudah-mudahan kebersamaan yang baru kami bangun ini bisa terus bertahan den semakin berkembang, wadah ini akan kami manfaatkan untuk sebisa mungkin bisa berkontribusi untuk perkebangan dan pertumbuhan pembangunan di Toraja Utara paling tidak untuk kampung asal kami,” terang Isak Patanduk, Sabtu, 16 Mei 2020.

Baca Juga  Anggota DPRD Sulsel, Firmina Tallulembang Sumbang APD Covid-19 untuk RS di Toraja

Isak menjelaskan kenapa memilih Posko pencegahan penyebaran sebagai sasaran aksi karena posko merupakan tempat yang setiap saat dilewati oleh setiap orang, posko merupakan titik pertemuan sesaat yang apabilah tidak didukung dengan alat pelindung diri maka titik posko ini bisa berpotensi menjadi titik penularan.

“Awalnya target kita ada dua, petugas posko dan petugas kesehatan yang bertugas di kampung, namun sesuai dengan laporan yang kami terima bahwa petugas yang ada di posko juga tersusun dari petugas media yang ada di kampung sehingga penyalurannya diinkufkan sekalian. Kesimpulannya adalah, apabila petugas posko aman, maka setiap warga yang melintas tidak berpotensi tertular, apabilah salah satu dari petugas saja tidak aman maka semua masyarakat yang melintas di posko berpotensi tidak aman, itulah sebabnya kami memilih posko bahwa mendukung petugas posko sudah secara tidak langsung memberikan rasa aman bagi semua warga yang ada di wilayah tersebut,” katanya.

Baca Juga  KPTS Galang Donasi APD Covid-19 untuk Toraja Utara dan Tana Toraja

Isak yang merupakan putra pertama Almarhum DP Patanduk yang juga merupakan Kepala Lembang Nonongan pertama yang saat ini meliputi lembang Salu , Salu Sipai, Kelurahan Nonongan dan Nonongan Selatan. Almarhum DP Patanduk juga mendapatkan pengakuan dari warga Salu keseluruhan sebab atas perjungannya merintis jalan poros Alang-Alang sampai ke Salu, menyampaikan bahwa dukungan tersebut meski tidak seberapa namun diharapkan bisa memberi semangat kepada para petugas untuk memperketat penanganan di posko, agar masyarakat tidak terlalu leluasa keluar masuk kampung.

Sesuai dengan data yang diterima media, dukungan penguatan penanganan posko oleh Diaspora Salu ini, berupa sarung tangan, masker, dan helm pelindung muka.

Dukungan tersebut diserahkan oleh Pither Kendek sebagai perwakilan diaspora di Salu Sopai dan diterima oleh kepala lembang dimasing-masing posko, yakni Andi Surawijaya di posko Lembang Salu Sarre, Edy Patanduk untuk lembang Salu dan Roni Pata’allo untuk lembang Salu Sopai.

“Saat ini aksi penggalangan donasi solidaritas masih tetap berjalan, dan akan kita salurkan dalam waktu dekat,” ujar Isak menutup percakapan. (*)

Citizen Reporter: Santos B

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *