Dibawa Orang Berbaju Kotak-kotak, Ahok Menang di Toraja, Kok Bisa?

  • Whatsapp
Ahok vs JRM bertarung di arena Pong Randa, Malakiri, Toraja Utara, Rabu, 29 Maret 2017.

MALAKIRI — Mengenakan baju kemeja lengan panjang bermotif kotak-kotak merah biru putih, dua orang Panglappa’ (sebutan untuk orang yang membawa dan melepas kerbau ke arena aduan di Toraja), membawa menuntun seekor kerbau jantan besar menuju ke tengah arena. Pada badan kerbau yang mereka tuntun tertulis “AHOK GALINGGANG JAPAL”

Tak lama berselang, beberapa orang laki-laki juga masuk arena menuntut seekor kerbau yang diberi nama JRM Pemula Garampa’. Pertarungan pun digelar. Kedua kerbau jantan itu beradu, bunyi gemerak pun terdengar saat tanduk dan kepala keduanya beradu. Disambut riuh puluhan ribu penonton, Ahok menuntaskan perlawanan JRM. Selesai, Ahok menang!

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Gempa Mamasa: Sebagian Warga Masanda, Tana Toraja, Tidak Mengungsi

Itulah sebuah momen unik yang terjadi di arena adu kerbau Pong Randa, Malakiri, Toraja Utara, Rabu, 29 Maret 2017.

Kerbau petarung bernama Ahok, sama dengan nama panggilan calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama ini memang menarik perhatian puluhan ribu penonton yang memadati arena. Sebab, selain karena di badannya tertulis nama Ahok, Sang Panglappa’ (gembala) yang bertugas melepas kerbau dalam arena juga menggunakan baju kotak-kotak khas Ahok. Karena itu pula selama pertarungan berlangsung, penonton selalu menyebut kata Ahok untuk memberi semangat.

Tidak hanya Ahok, ada beberapa nama-nama unik kerbau petarung yang mengambil nama tokoh, seperti Gusdur, Jokowi, Obama, dan lain-lain. Tidak hanya nama tokoh, kerbau petarung juga menggunakan nama-nama unik lainnya seperti nama kampung, nama artis, dan nama bintang film.

Baca Juga  BERITA FOTO: Semangat Ibu-ibu PWGT Karonanga Ikut Berjuang Membangun Gereja

Informasi yang diperoleh karebatoraja.com, menyebutkan jumlah kerbau petarung yang ikut ambil bagian di arena ini sekitar 73 tim dengan jumlah partai sekitar 117 partai atau pasangan atau 234 ekor kerbau petarung yang berasal dari seluruh penjuru Toraja.

Adu kerbau atau tedong silaga kelihatan sudah menjadi salah satu hiburan yang paling banyak diminati masyarakat Toraja beberapa waktu belakangan ini. Bahkan para penggemar tedong silaga ini sudah membentuk berbagai group di media sosial, lengkap dengan foto-foto, video, nama-nama kerbau petarung, dan pengurusnya. Diantara group yang paling terkenal adalah Komunitas Pecinta Tedong Silaga (KPTS). Group ini dihuni 40 ribu lebih anggota. Group lainnya adalah Tedong Silaga Dalam Video KPTS, dan beberapa group lainnya. (Arsyad Parende)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *