Di Tengah Pandemi Covid-19, Dinas Pertanian dan Polres Tana Toraja Intensifkan Budidaya Jagung

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MENGKENDEK — Pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir, membuat pemerintah dan seluruh elemen terkait mesti memikirkan agar ketahanan pangan tetap terjaga.

Itu sebabnya, Dinas Pertanian Tana Toraja dan Polres Tana Toraja kembali mengintensifkan budidaya tanaman jagung, dalam program Pola Tanam Jagung Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Rabu, 24 Juni 2020, Dinas Pertanian dengan Polres Tana Toraja kembali mencanangkan program ini di Lembang Rantedada Kecamatan Mengekendek.

Baca Juga  Upacara Pedang Pora untuk Sang Pengungkap Kasus Investasi Bodong, PT Axelle Jaya

Bhabinkantibmas dari Polres Tana Toraja dan Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian bekerjasama dengan Kelompok Tani menanam jagung jenis hibrida varietas bisi 226 pada lahan seluas 5 hektare yang terbagi-bagi di beberapa lingkungan di Lembang Rantedada, Kecamatan Mengkendek.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja, Salvius Pasang mengatakan program pola tanam jagung ini adalah program peningkatan pendapatan petani serta program dalam rangka mengurangi ketergantungan pakan ternak dari luar Tana Toraja.

Salvius Pasang mengatakan di tengah pandemi Covid-19, tentu jagung akan berfungsi menopang kebutuhan beras rakyat sebagai pangan pendamping. Sehingga program pengembangan jagung sangat penting dalam rangka menjaga ketersediaan pangan di Tana Toraja.

“Masyarakat wajib untuk tetap produktif ditengah pandemi Covid-19, apalagi kegiatan sosial masih dibatasi oleh pemerintah sehingga masyarakat harus memanfaatkan kesempatan untuk bertani meski tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan,” ungkap Salvius Pasang.

Baca Juga  Diduga Jadi Pengedar Narkoba di Toraja, Oknum Mahasiswa Ini Ditangkap

Jenis bibit jagung hibrida varietas bisi 226 adalah bibit unggul yang produksinya lebih tinggi dibanding bibit jenis lain. Umur jagung lebih pendek dengan hasil panen yang jauh lebih baik. Jagung hibrida varietas bisi 226 ini merupakan jenis jagung tongkol dua. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. Dinas Pertanian Tana Toraja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *