Dewan Soroti Mutasi Kepala Sekolah di Wilayah Barat Tana Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Mutasi kepala sekolah yang dilakukan oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, awal Januari 2018 yang lalu, mendapat sorotan anggota DPRD Tana Toraja dari Dapil 4, Semuel Tandirerung.

Kepada karebatoraja.com, Semuel menyebut mutasi yang dilakukan bupati – tentu atas usulan dari Dinas Pendidikan – tidak memperhatikan prestasi dan upaya dari kepala-kepala sekolah di wilayah Bittuang untuk memajukan pendidikan di daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Lumbung dan Posyandu di Sangalla' Porak Poranda Dihantam Puting Beliung

“Sebagai anggota DPRD Tana Toraja dari Dapil 4, saya sangat prihatin dengan mutasi kepala sekolah di lingkup kecamatan Bittuang, baru-baru ini. Semoga saja tidak berdampak buruk pada pendidikan di Bittuang, yang sudah mulai membaik akhir-akhir ini,” tandas Semuel.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan, banyak kepala sekolah, SD maupun SMP yang selama ini sudah berupaya maksimal untuk memajukan dunia pendidikan di Bittuang, tapi dimutasi menjadi guru biasa. Contohnya, Kepala SDN 183 Balla Bittuang, Apdalina Nanna, yang sudah membuat sekolah tersebut menjadi sekolah teladan dan meraih Adiwiyata, dimutasi jadi guru biasa. Demikian pula dengan mantan Kepala SMP Negeri 1 Bittuang, Marten Wengko. Selain itu, masih ada Kepala SDN 348 Palian Bittuang, Andin Sa’pangallo dan Kepala SDN 177 Se’seng, Ampulembang.

Baca Juga  KPU Toraja Utara Gelar Sosialisasi Pemilu 2019

“Kita mencari penyebab keterpurukan pendidikan yang katanya kabupaten Tana Toraja berada di urutan 23 di Sulsel. Saya menyikapi bahwa ini tak luput dari tidak adanya kepedulian pemerintah terhadap dunia pendidikan,” tegas Semuel.

Dia berharap pemerintah, dalam hal ini Sekretaris Daerah, Badan Kepegawaian Daerah, dan Dinas Pendidikan, mendengar dan merevisi keputusan yang sudah dikeluarkan demi peningkatan pendidikan di Bittuang.

Tabe’ lako Pak Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja da’tarangi kedenni pa’bisik merusak, sebaiknya mutasi para kepala sekolah ini dikaji lebih baik,” katanya. (Arthur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *