Darurat Covid-19, Warga Miskin Tana Toraja Dapat Dua Jenis Bantuan

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja meluncurkan dua program sebagai bentuk atisipasi terhadap dampak ekonomi yang ditimbulkan dimasa darurat Covid-19.

Kedua program tersebut, masing-masing jaring pengaman sosial kepada warga kurang mampu dengan memberikan bantuan sembako gratis dan program stabilisasi harga serta ketersediaan pangan yakni menyiapkan sembako murah dengan menggandeng kios-kios kecil di seluruh wilayah Tana Toraja.

Bacaan Lainnya

“Dua program ini kita lakukan untuk melindungi warga terhadap dampak ekonomi maupun ketersediaan pangan dimasa darurat Covid-19 ini,” ungkap Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, Rabu, 15 April 2020.

Baca Juga  Siswi SMP Advent Mebali Ini Dikabarkan Hilang, Mohon Bantuan untuk Menemukannya

Penanggungjawab program ketahanan pangan yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang (DPML), Marida Bungin mengatakan sistem yang dilakukan dimana petugas Satgas Covid-19 membeli bahan kebutuhan pokok di kota lalu didistribusikan ke kios-kios kecil yang ada di pelosok agar ketersediaan kebutuhan pokok di kampung-kampung tetap terjaga dengan harga yang tetap normal.

Dengan demikian masyarakat tidak perlu lagi kawatir akan ketersediaan bahan pokok karena di kios-kios telah tersedia bahan pokok dengan harga normal.

Marida Bungin mengatakan di lapangan telah ditugaskan para pendamping desa dan tenaga ahli untuk melakukan survey kios-kios mana saja yang akan menjadi mitra pendistribusian pangan tersebut. Nantinya kios-kios kecil yang menjadi mitra Satgas Covid-19 dalam menjaga ketersediaan pangan akan diberikan fee sebesar 15% dari jumlah total penjualan di kisonya. “Dengan demikian pemberdayaan ekonomi masyarakat tetap jalan,” kata Marida.

Baca Juga  Panitia Pembangunan Kampus II UKI Toraja Dapat Hadiah Mobil dari Bank BRI

Pendistribusian pangan ke kampung-kampung mulai dilaksanakan Sabtu, 28 Maret 2020. Jenis bahan pangan yang didistribusikan saat ini seperti beras, telur, ikan kaleng, mie instan, garam.

Jaring Pengaman Sosial

Sedangkan program Jaring Pengaman Sosial, diberikan pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam bentuk sembako gratis senilai Rp355.000 kepada setiap Kepala Keluarga kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Bantuan ini diberikan dalam bentuk barang senilai Rp305.000,  dengan rincian barang berupa beras 15 kg, telur 1 rak, mie instan 1 pack, gula 1 kg, minyak goreng 1 liter, ikan kaleng 2 buah, dan uang tunai Rp50.000.

Bantuan senilai Rp355.000 ini adalah bantuan tahap pertama, yang akan dilanjutkan dengan bantuan tahap berikutnya, meski nilainya belum bisa ditentukan karena harus melihat perkembangan kondisi selanjutnya melalui pendataan dan survei yang dilakukan.

Baca Juga  BERITA FOTO: Ma'Lantang Pangngan; Ritual Pemakaman Anak Muda Toraja

Program ini sudah disalurkan sejak tanggal 13 April 2020 yang dimulai dari Kecamatan Makale dan Kecamatan Bittuang. Penyaluran hari kedua dan selanjutnya akan dilakukan di 19 Kecamatan se-Kabupaten Tana Toraja.

Penulis: Arsyad Parende
Sumber: Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja
Foto: dok. Istimewah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *