Dari 6 Tinggal 4 Putra Toraja yang Lolos Seleksi Capim KPK Tahap II

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, JAKARTA — Panitia seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan hasil seleksi tahap II (uji kompetensi), Senin, 22 Juli 2019.

Sebanyak 104 dari 192 orang yang lolos seleksi administrasi dinyatakan lolos uji kompetensi. Dari 104 orang yang lolos uji kompetensi ini terdapat empat putra Toraja.

Bacaan Lainnya

Keempatnya adalah Irjen Pol Dharma Pongrekun, Ferdinand T Andi Lolo, Johanis Tanak, dan Marthen Napang.

Sebelumnya, ada enam putra-putri Toraja yang lolos seleksi administrasi calon pimpinan KPK. Dua orang yang tidak lolos uji kompetensi adalah Yohana Pong Parante dan Yves S Palambang.

Baca Juga  Mestinya ada Aksi 1000 Lilin untuk Para Korban Penembakan KKB Papua

Keempat putra Toraja ini akan ikut tahapan seleksi selanjutnya bersama 138 calon pimpinan KPK lainnya, yakni tes psikologi.

“Peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi wajib mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu tes psikologi, yang akan dilaksanakan pada Minggu, 28 Juli 2019,” ujar Ketua Panitia Seleksi Capim KPK, Yenti Garnasih, dalam konferensi pers di  kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019.

Dari empat orang putra Toraja yang lolos tahap II ini diketahui berlatar belakang Polisi, Jaksa, dan Akademisi.

Inspektur Jenderal Polisi Dharma Pongrekun adalah perwira tinggi Polri. Saat ini, Irjen Dharma Pongrekun menduduki jabatan Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Baca Juga  Pray for Surabaya Penuhi Linimasa Netizen Toraja

Sedangkan Johanis Tanak, SH, MH, berprofesi sebagai Jaksa dan pernah menduduki jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah. Saat ini, pria asal Bangkelekila, Toraja Utara itu, menduduki jabatan Dirjen Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Berikut, Prof. Dr. Marthen Napang SH MH. Akademisi, yang saat ini menjadi Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Akademisi lainnya yang lolos seleksi administrasi adalah Ferdinand T Andi Lolo. Beliau adalah Kriminolog Universitas Indonesia dan Peneliti Pusat Kajian Kriminolog Universitas Indonesia (UI). Mantan Jaksa ini merupakan Alumnus Universitas Auckland, New Zealand. (*)

Penulis: Arthur
Foto: dok. Istimewah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *