Dapat Dana PHJD Rp 31,3 Miliar, Apa Saja yang Dikerjakan Dinas PUPR Toraja Utara?

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mendapat bantuan dana infrastruktur dari pemerintah pusat dalam bentuk Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) sebesar Rp 31.350.000.000 tahun 2020.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Toraja Utara, Paulus Tandung, menjelaskan bahwa dana yang bersumber dari PHJD ini digunakan untuk mengerjakan pemeliharaan dan peningkatan jalan penanganan long segment pada 9 lokasi dengan total panjang 69 kilometer, pada paket Karasiak-Ke’pe-Pangli-Barana’.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Dinas PUPR Perbaiki Jalan Amblas di Poros Pangli-Bori’

Kesembilan segment ini, urai Paulus, diantaranya Karasiak-Lempe, Lempe-Ke’pe, To’Rea-To’Dama, Batutumonga-Pangli, Pangli-Barana’, Ke’pe’-Parinding, Tikala-Batutumonga, Deri-Bai’, dan segment Tombang Kalua’-Bokin.

“Lingkup pembiayaan dari PHJD ini terbagi dua, yakni kegiatan fisik dan non fisik. Khusus yang kegiatan non fisik, ini melibatkan masyarakat di lokasi,” terang Paulus.

Adapun jenis kegiatan fisik, diantaranya pemeliharaan rutin jalan, pemeliharaan berkala jalan, dan rehabilitasi serta peningkatan jalan.

Sedangkan kegiatan non fisik, diantaranya peningkatan kepedulian atas isu keselamatan kerja, peningkatan pemenuhan kriteria jalan yang berkeselamatan. Juga peningkatan kapasitas penyelenggaran jalan, termasuk penyedia jasa. Terakhir, peningkatan tata kelola penyelenggaraan jalan daerah melalui kerjasama dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan.

Paulus mengatakan, kegiatan-kegiatan yang masuk dalam PHJD ini sudah dan sementara berlangsung di lapangan. “Semoga dengan hadirnya program ini bisa memberi dampak yang signifikan kepada masyarakat,” katanya. (*)

Baca Juga  PHJD Tana Toraja Rp 31,8 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Dikerjakan

Penulis: Arthur
Foto: Peninjauan proses pengerjaan peningkatan jalan dalam program PHJD di Kabupaten Toraja Utara. (dok. Dinas PUPR Toraja Utara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *