Ciptakan Pilkalem Berintegritas, Pemkab Tana Toraja Gelar Sosialisasi Demokrasi

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Dalam rangka mendorong proses Pemilihan Kepala Lembang (Pilkalem) serentak yang lebih bermartabat, berintegritas, dan bersih, pemerintah Kabupaten Tana Toraja, melalui Kesbangpol melaksanakan sosialisasi demokrasi pilkalem di 54 Lembang yang akan melaksanakan pemilihan serentak tahun 2019.

Narasumber yang dihadirkan dalam sosialisasi demokrasi ini adalah tokoh-tokoh lembang keumatan (Pendeta, Pastor, Ustadz) yang tergabung dalam Gerakan Integritas yang akan membawakan materi nilai-nilai integritas secara umum dan dalam kaitan dengan moralitas beragama.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  266 Calon Kepala Lembang Teken Pakta Integritas Tolak Politik Uang

Narasumber berikutnya yang dihadirkan adalah pemerintah atau instansi terkait (Camat, Kepala Dinas, Kepolisian dan TNI) yang akan menyampaikan materi tentang pentingnya nilai-nilai integritas kebangsaan dalam kaitan dengan tugas pokok dan fungsi instansinya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tana Toraja, Alipius Tandiarrang mengatakan sosialisasi demokrasi ini dimaksudkan untuk menyampaikan dan mendorong nilai-nilai demokrasi dalam masyarakat yang dimulai dari proses Pilkalem yang berintegritas, sehat, dan bermartabat dengan mendorong pilkalem yang kondusif, bebas dari proaktif politik uang, ujaran kebencian (HOAX), dan Isu SARA.

Sosialisasi dibagi kedalam 6 zona wilayah yang didalamnya terdapat Kontestasi pilkalem, yaitu Zona I dilaksanakan Senin, 4 November 2019 di Kantor Kecamatan Sangalla Utara (Sangalla’, Sangalla’ Utara , Sangalla’ Selatan), Zona II dilaksanakan Selasa, 5 November 2019 di Aula Kantor Kecamatan Mengkendek (Mengkendek dan Gandangbatu Sillanan), Zona III dilaksanakan Kamis, 7 november 2019 di Aula Kantor Kecamatan Rantetayo (Rantetayo, Kurra, Malimbong Balepe).

Baca Juga  Gerakan Tallu Batu Lalikan Bimtek 500 Relawan untuk Cegah Politik Uang

Berikut, Zona IV dilaksanakan Senin, 11 november 2019 di Kantor Kecamatan Bittuang (Masanda, Bittuang, Saluputii, Rembon), Zona V dilaksanakan Rabu, 13 Nov di Kantor Kecamatan Simbuang (Mappak dan Simbuang), dan Zona VI dilaksanakan di Kantor Kecamatan Bonggakaradeng (Rano dan Bonggakaradeng).

Sosialisasi Demokrasi Pilkalem menghadirkan peserta mulai dari para calon kepala Lembang, Tokoh wanita, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Panitia pemilihan Kepala Lembang.

Selain pemaparan materi, sosialisasi juga diisi dengan diskusi dan penandatangan Pakta Integritas oleh para calon kepala lembang dan saksi. (*)

Penulis/foto: Arsyad Parende

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *