Cegah Covid-19, Bupati Toraja Utara Minta Perantau Jangan Dulu Pulang Kampung

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, meminta para perantau Toraja untuk tidak pulang ke kampung untuk sementara untuk mencegah penularan Covid-19 atau Corona Virus.

“Saya himbau (kepada para perantau) untuk tidak pulang kampung dulu selama masa darurat Covid-19 sesuai aturan pemerintah pusat. Ikuti himbauan pemerintah, tetap di rumah, jaga kebersihan, selalu rutin cuci tangan, dan hindari kerumunan orang,” ungkap Kalatiku kepada karebatoraja.com, usai mengikuti ibadah yang ditayangkan secara online di rumah jabatan bupati, Minggu, 29 Maret 2020.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Lagi, Bupati Toraja Utara Rotasi Kabinetnya, Semoga Lebih Baik

Dia meminta kearifan dan kebijaksanaan dari seluruh diaspora Toraja di luar untuk memaklumi dan mengerti upaya-upaya perlindungan warga yang saat ini tengah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Toraja Utara menghadapi pandemi Covid-19.

“Bukan kita larang untuk jangan pulang ke Toraja, tapi di masa darurat ini, saya mohon pengertian dan kearifan kita semua agar menahan diri untuk tidak pulang ke kampung sementara ini,” pinta Kalatiku.

Jika ada urusan yang sangat urgen dan tidak bisa ditunda, Kalatiku meminta agar sesampainya di kampung, perantau berkoordinasi dengan pos-pos kesehatan yang dibentuk pemerintah atau Puskesmas setempat untuk diperiksa kesehatan serta dipantau kondisinya. Juga mengikuti seluruh protocol penanganan Covid-19.

Baca Juga  Kepala Lembang dan Honorer di Toraja Utara Dapat BPJS Ketenagakerjaa

“Kalau ada urusan yang tidak bisa ditunda atau sangat-sangat penting, kami memakluminya, tolong laporkan diri ke pos kesehatan (atau Puskesmas) untuk dipantau. Selanjutnya, lakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Mohon sangat-sangat terbatas melakukan komunikasi dan kontak fisik dengan keluaga selama masa karantina itu,” tegas Kalatiku. (*)

Penulis: Arthur
Foto: dok. Kareba Toraja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *