Bupati Toraja Utara Hadiri Penutupan Rangkaian Ritual Ma’nene di Kecamatan Sesean Suloara

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, SESEAN SULOARA — Rangkaian ritual Ma’nene di beberapa Lembang di Kecamatan Sesean Suloara, resmi ditutup, Senin, 14 September 2020. Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, menghadiri sekaligus menutup ritual adat tahunan tersebut.

Kalatiku menghadiri penutupan ritual Ma’nene di dua lokasi, yakni Batukamban dan Lo’komata,  Lembang Tongariu, Kecamatan Sesean Suloara.

Bacaan Lainnya

Rangkaian ritual Ma’nene di dua lokasi tersebut berlangsung sejak tanggal 9-14 September 2020.

Ma’nene adalah sebuah ritual tradisional yang dilakukan sebagian masyarakat Toraja Utara, terutama yang bermukim di bagian utara. Ritual umum yang biasa dilakukan dalam Ma’nene ini adalah membersihkan makam, mengeluarkan jenazah dari dalam makam, membersihkan jenazah, dan mengganti pakaian jenazah. Ritual ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan cinta kepada orang tua atau kerabat yang telah meninggal dunia.

Baca Juga  Dikubur pada Usia 8 Bulan, Begini Penampakan Mumi Bayi Setelah 7 Tahun

Upacara penutupan Ma’nene di Lo’komata dibuka dengan ibadah oleh Jemaat Gereja Toraja setempat. Komplek pemakaman batu Lo’komata merupakan salah satu objek wisata di Toraja Utara. Pada sebuah batu besar di Lo’komata ini terdapat ratusan makam dan jenazah.

Bupati  Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dalam sambutannya pada upacara penutupan, mengatakan ritual Ma’nene ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada leluhur  dimana pada awal upacara dilaksanakan pembersihan  dan penataan lingkungan sekitar kubur.

“Ritual ini banyak menarik wisatawan minat khusus, yang tertarik akan budaya turun temurun yang masih lestari,” kata Kalatiku.

Rangkaian acara puncak  diatur oleh  Ketua Panitia yang adalah juga  anggota DPRD Toraja Utara, Marthen Tonapa Parrangan alias Pong Sobon. Selama kegiatan ini berlangsung banyak dikunjungi  dan didokumentasikan oleh  wisatawan domestik dan beberapa dari mancanegara serta awak media. (*)

Baca Juga  Budayawan Dukung Wacana Perda Adat Toraja

Penulis: Desianti
Foto: Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menutup ritual Ma’nene di Lo’komata, Kecamatan Sesean Suloara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *