Bupati Minta Sekolah Kembalikan Uang Pungutan Siswa Baru

  • Whatsapp
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae

KAREBA TORAJA — Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, meminta kepada sekolah-sekolah negeri untuk mengembalikan uang sumbangan pembangunan yang terlanjur dibayarkan oleh orang tua siswa baru.

 

“Kembalikan itu, janganmi dipungut-pungut lagi,” tegas Nico, sapaan akrab Nicodemus, kepada Karebatoraja.com, usai membuka seminar pendidikan anti korupsi di Hotel Pantan Makale, Jumat, 15 Juli 2016.

 

Nico mengatakan, dirinya tidak pernah diberitahu terkait pungutan yang dilakukan oleh sekolah dan komite kepada siswa baru tahun ajaran 2016/2017. Padahal, menurutnya, pihak sekolah atau Dinas Pendidikan harus melaporkan segala sesuatu yang terjadi di sekolah, apalagi yang berkaitan dengan pungutan kepada masyarakat, kepada bupati, selaku kepala daerah.

 

Nico menegaskan, mestinya Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah bersama bupati melakukan kajian dulu terhadap kebutuhan sekolah. “Apa-apa yang dibutuhkan; apakah kita bisa subsidi atau tidak. Itu semua kan yang harus dibicarakan dulu, dikaji, baru dilaksanakan. Jangan serta merta begitu,” tandasnya.

 

Terkait keluhan, yang sekaligus menjadi alasan sekolah melakukan pungutan, yakni kekurangan dana BOS dan pendidikan gratis, Nico mengatakan hal itu harus ikaji juga. “Harus dikaji dulu, apa benar dana BOS tidak cukup? Apa benar sekolah bermutu itu harus menggunakan anggaran yang besar? Janganlah, kasihan masyarakat,” ungkap Nico.

 

Dia menegaskan akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan dan kepala-kepala sekolah dalam waktu dekat untuk membicarakan masalah pungutan ini. Jika memang berdasarkan kajian bahwa dana BOS dan pendidikan gratis tidak cukup, pemerintah akan mencari jalan keluar untuk menutupi kekurangan tersebut.

 

Apakah sekolah-sekolah yang memungut uang pembangunan akan diberi sanksi? “Wartawan jangan memancinglah, jangan takut-takuti mereka. Kita ketemu dulu, bicarakan, kaji, lalu cari jalan keluarnya.” (Arthur)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 Komentar

  1. Semoga pak Bupati Toraja Utara bersikap seperti pak Bupati Tana Toraja…salut buat pak Bupati Tana Toraja…biaya skolah Gratis…thanks.

  2. Mantap pak Bupati Toraja…. Jangan anggaran keluar dulu baru dihitung ternyata tdk cukup dan dibebankan ke siswa. Kalau kebutuhan sudah dikaji dengan baik dan diusulkan anggarannya, pasti pemerintah daerah akan menindaklanjuti krn pendidikan termasuk prioritas utama program pembangunan nasional dan daerah.

  3. Mantap pak BUPATI tana toraja emank harus ditindak tegas yang kayak begituan pak BUPATI jangan dibiarkan, BUPATI TANA TORAJA is the best

  4. SETUJU, pihak sekolah yg melakukan pngutan d luar aturan harus d periksa, jika memang terindikasi adanya penyelewangan HARUS di proses sesuai Hukum yg berlakj. kasian adek2 kami yg ingin mendapat belajar dan menuntut ilmu namun harus terhenti karna pungutan biaya yg seharusnya tidak ada.

  5. SETUJU, pihak sekolah yg melakukan pngutan d luar aturan harus d periksa, jika memang terindikasi adanya penyelewangan HARUS di proses sesuai Hukum yg berlaku. kasihan adek2 kami yg ingin belajar dan menuntut ilmu namun harus terhenti karna pungutan biaya yg seharusnya tidak ada.