Buntu Bebo’; Negeri Diatas Awan dari Lembang Rantela’bi Kambisa

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, SANGALLA’ UTARA — Buntu Bebo’, yang memiliki ketinggian 1.100 Mdpl terletak di Lembang Rantela’bi Kambisa, Kecamatan Sangalla’ Utara menawarkan pemandangan alam yang indah dan suguhan panorama Negeri Diatas Awan yang tak kalah indahnya dengan Lolai di Toraja Utara.

Bedanya, Lolai menyuguhkan pemandangan Negeri Diatas Awan hanya terbatas pada satu sisi saja, sementara Buntu Bebo’ jauh lebih indah karena hampir semua sisi bisa menyaksikan bentangan alam yang indah.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Satu Lagi Putra Terbaik Toraja Meninggal Dunia

Jika Lolai dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan, Buntu Bebo’ justru menantang dengan jalur tracking yang harus dilalui pengunjung untuk bisa menikmati suguhan panorama alamnya.

Fica, salah seorang mahasiswa KKN UKI Toraja dari Posko Lembang Rantela’bi Kambisa Kecamatan Sangalla Utara, memperkenalkan sekaligus mengajak wisatawan untuk mencoba Wisata Tracking Buntu Bebo’ Sangalla’.

Fica menjelaskan untuk sampai di Puncak Buntu Bebo’ ada dua rute yang bisa dilalui. Rute pertama dengan jalur tracking yang lebih pendek, pengunjung menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat melewati Lembang Raru Sibuan sampai di SD Mila. Dari sini pengunjung memarkir kendaraan dan mulai berjalan kaki melalui jalur setapak menuju puncak.

Baca Juga  VIDEO: Mantan Gubernur Sulsel Ajak Warga Ikut Toraja Millenials Bersatu

Rute kedua, dengan jalur tracking yang lebih panjang, jalur ini menjadi rute andalan bagi pencinta alam dan pendaki gunung, yaitu mengambil rute langsung dari wilayah Lembang Rantela’bi Kambisa. Untuk rute ini pengunjung butuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai di Puncak Buntu Bebo’ karena jalur tracking yang masih hutan kurang lebih jaraknya 2 km dari pemukiman warga.

Puncak Buntu Bebo sangat cocok untuk kegiatan camping karena kontur tanahnya yang rata sebab dahulu Buntu Bebo’ adalah benteng pertahanan orang-orang Rantela’bi saat masa penjajahan.

Dari atas puncak Buntu Bebo’, pengunjung bisa melihat beberapa wilayah mulai dari Sangalla’, Sangalla’ Utara, Sangalla’ Selatan, Makale, Makale Utara Rantetayo, Mengkendek, bahkan Rantepao dan sebagian wilayah Toraja Utara lainnya. (*)

Baca Juga  Ini Tokoh Kristen dan Katolik yang Bertemu Raja Salman, Salah Satunya Pendeta Asal Toraja

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. KKN UKI Toraja Posko Rantela’bi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *