Buntao Sanginaa Bantu Peralatan Dapur untuk Korban Banjir Bandang Masamba

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MASAMBA — Kepedulian terhadap korban banjir bandang yang terjadi di Masamba, Luwu Utara, terus berdatangan. Termasuk dari warga Buntao, Kabupaten Toraja Utara yang tergabung dalam Buntao Sanginaa.

Warga Buntao, baik yang berdomisili di Toraja maupun di perantauan yang dikenal dengan Sang Buntao’ran, bahu membahu mengumpulkan donasi melalui wadah Buntao Sanginaa.

Bacaan Lainnya

Donasi yang dihimpun oleh wadah Buntao Sanginaa sudah disalurkan oleh tim kerja pada Kamis, 30 Juli 2020. Ketua Tim Penyaluran Bantuan, Stepanus Kadong Tikupasang, menyampaikan bahwa bantuan yang telah disalurkan sebanyak 45 paket, berupa  peralatan dapur dan peralatan makan-minum.

Baca Juga  GMKI Bantu Pembangunan Gedung Gereja yang Rusak Diterjang Banjir Bandang di Masamba

Koordinator Buntao Sanginaa, Petrus Rani Pong-Masak, mengatakan penentuan jenis dan bentuk bantuan tersebut didahului dengan identifikasi kebutuhan yang paling urgen setelah berbagai bantuan diterima oleh warga di pengungsian/penampungan.

“Menurut informasi dan hasil survey bahwa kebutuhan sembako dan pakaian telah cukup, demikian juga dengan kebutuhan papan (rumah tinggal) yang akan disiapkan dan dibangun oleh Pemda Luwu Utara.  Dalam beberapa hari ke depan, saat warga akan pindah dari kamp penampungan untuk menempati rumah yang disiapkan maka setiap keluarga akan sangat membutuhkan peralatan dapur dan peralatan makan minum bagi keluarga,” terang Pong-Masak.

Selama kegiatan penyaluran bantuan di lokasi, tim Buntao Sanginaa mendapatkan bahwa diantara warga yang terkena dampak bencana juga terdapat warga yang berasal dari Buntao’ yang sudah hidup secara turun temurun di Masamba.

Baca Juga  Dipimpin Wabup, Pemkab Tana Toraja Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Masamba

Kepada beberapa warga keturunan Buntao’ tersebut, tim lapangan telah memberikan bantuan secara langsung sebagai tanda kasih sesama anak Buntao’.

Selanjutnya paket bantuan disalurkan di dua tempat, yakni Posko Bantuan Lumbung Diakonia-Crisis Center-GT di Radda, Masamba dan Posko Bantuan GT-Jemaat Imanuel di Baebunta.

“Masyarakat yang telah menerima bantuan menyampaikan terima kasih kepada warga Buntao’ Toraja Utara yang telah peduli dan bersimpati kepada warga yang sedang menderita akibat bencana banjir bandang lumpur dan kayu di Masamba,” kata Pong-Masak.

Pong-Masakmengatakan bantuan peduli bencana ini bisa terwujud berkat kebersamaan dan kasangnginaan penaa masyarakat Buntao’ Toraja Utara bersama seluruh perantau SangBuntao’ran melalui donasi yang terkumpul sejak tanggal 20-29 Juli 2020.

Baca Juga  Pemuda dan Mahasiswa Toraja Manokwari Galang Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Masamba dan Sorong

“Untuk itu diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh donatur dan warga Buntao’ yang telah berpartisipasi memberikan dukungan material dan doa sehingga kegiatan ini dapat terwujud.  Juga terima kasih kepada tim kerja lapangan yang telah menjadi relawan mengelola dengan baik penyaluran bantuan tersebut. Semoga Buntao’ terus maju dan terus membangun kasangnginaan pa’inaan di masa-masa ke depan,” katanya. (*)

Penulis: Desianti
Foto: Warga Buntao yang tergabung dalam wadah Buntao Sanginaa menyalurkan bantuan peralatan dapur kepada para pengungsi korban banjir bandang di Masamba, Luwu Utara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *