BUMN PT Perinus Bakal Pasok Ikan Segar ke Toraja, Dijamin Bebas Formalin

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perikanan, PT. Perikanan Nusantara (Perinus) Persero bakal memasok ikan laut segar ke Toraja. Ikan laut dari PT. Perinus ini dijamin segar dan bebas formalin.

Penjajakan kerjasama antara pemerintah kabupaten Tana Toraja dan PT Perinus sudah dilakukan pada Rabu, 3 Januari 2018. Pertemuan yang difasilitasi salah satu komisaris BUMN, Yervis Pakan ini, berlangsung antara Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dengan Branch Manager Perinus Makassar, Fery Wenno, berlangsung di rumah jabatan bupati Tana Toraja. Pertemuan penjajakan kerjasama ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Tana Toraja, Semuel Tandi Bura.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Insentif Tenaga Kesehatan di Tana Toraja Segera Dibayarkan Pemerintah

Branch Manager Perinus Makassar, Fery Wenno, mengatakan pihaknya siap memenuhi kebutuhan ikan segar di Toraja dengan harga yang murah sebagai implementasi dari perintah dari Presiden Joko Widodo, menghadirkan BUMN untuk negeri.

Selain lebih murah, PT Perinus, kata Fery, menjamin ikan yang dipasok pihaknya bebas zat pengawet. “Kita menggunakan mobil termo king untuk menjaga kesegaran ikan. Jika selama ini harga ikan di pasaran Toraja Rp45 ribu, kita bisa pasok dengan harga Rp25 ribu per kilo. Itu sudah sampai di Toraja,” katanya.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, menyambut baik penjajakan kerjasama ini. Nicodemus juga mengatakan kerjasama ini harus segera direalisasikan. “Saya tidak mau masyarakat saya sakit karena ikan formalin. Ini juga bisa membuka lapangan kerja buat pengusaha pemula dan kecil. Kalau perlu kita bantu memberi fasilitas cicilan motor,” kata Nicodemus.

Baca Juga  Natsir’s English Natural School Maroson; Inspirasi untuk Generasi Muda Toraja

Karena kerjasama antara pemerintah daerah dengan BUMN belum memiliki formula, Nicodemus mengatakan akan mencari jalan lain, misalnya membentuk Perusda atau BUMD untuk melakukan kerjasama dengan PT. Perinus.

Penjajakan kerjasama pengadaan ikan segar oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dengan PT Perinus Persero di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja.

Penggagas kerjasama perikanan, Yervis Pakan, mengatakan dirinya sengaja menggiring BUMN yang bergerak di bidang perikanan untuk memasok ikan segar ke Toraja karena prihatin dengan kondisi yang terjadi selama ini. Dimana masyarakat Toraja dengan sangat terpaksa mengkonsumsi ikan yang mengandung zat pengawet (formalin).

“Kita di Toraja ini ibarat belum mati tapi sudah diformalin. Itu karena kita mengkonsumsi ikan yang mengandung formalin,” ungkap Yervis, yang juga aktivis Pospera ini.

Baca Juga  Dukung Komitmen Menhub, Pengerjaan Jalan Masuk Bandara Buntu Kunik Dipercepat

Dia berharap, kerjasama ini segera diwujudkan oleh dua Pemda (Tana Toraja dan Toraja Utara) sehingga masyarakat bisa mengkonsumsi ikan yang bebas formalin. (Arthur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *