Bukan Swiss atau New Zealand, Pemandangan Indah Ini Ada di Toraja

  • Whatsapp

TORAJA seolah tak pernah kehabisan tempat indah. Dimana saja Anda pergi, pasti menemukan pemandangan yang menyejukkan mata dan hati. Kendenan, itu nama tempat yang akan diperkenalkan oleh dokter Nataniel Patandean kepada Anda. Nataniel Patandean adalah seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Buakayu, Bonggakaradeng.

Lokasi yang bernama Kendenan ini merupakan wilayah kerja dokter Nataniel, yang terletak di Lembang (Desa) Bau, Kecamatan Bonggakaradeng. Selama ini, sebagian besar orang hanya mengenal objek wisata Ollon, yang berada di wilayah Lembang/Desa yang sama.

Bacaan Lainnya

Namun, Lembang Bau tidak hanya menyajikan panorama Ollon yang dikenal sebagai Bukit Teletubbies itu, tapi ada beberapa spot lain yang landscapenya tak kalah indah dan menawan. Sebut saja Buntu To’wai (Matombon) dan Kendenan.

BACA JUGA: Buntu To’wai, Sisi Lain Ollon yang Masih Tersebunyi

“Jarak dari Makale (ibukota kabupaten Tana Toraja) ke Buakayu 46 kilometer. Dari Buakayu ke Kendenan sekitar 5 kilometer. Dan dari Kendenan ke Ollon, juga kurang lebih 5 kilometer. Sedangkan dari Kendenan ke Buntu To’wai sekitar 5 kilometer. Semuanya berada dalam satu lembang. Lembang Bau memang sangat luas,” terang dr Nataniel.

Lokasi-lokasi eksotik ini untuk sementara memang agak sulit dijangkau, karena kondisi jalan menuju ke sana masih sangat sulit. Hanya kendaraan tertentu saja yang bisa tembus, seperti mobil double handle dan sepeda motor. Itu pun kalau tidak hujan. Apalagi saat ini, jalan poros menuju ke Ollon dalam kondisi longsor.

Lokasi Kendenan ini memang masih sangat terpencil dan tersembunyi. Jarak permukiman terdekat sekitar satu kilometer. Jadi, kalau mau berkunjung mesti membawa tenda dan perlengkapan sendiri.

BACA JUGA: Mau ke Ollon? Ini Deskripsi dan Petunjuknya

“Di Kendenan, ada sekitar 34 rumah penduduk dan satu gereja. Namun letak permukiman cukup jauh dari objek yang ditampilkan saat ini,” urai dr Nataniel.

Dia mengatakan, objek yang ada di foto utama artikel ini biasa disebut orang dengan nama Tebing Romantis. Lokasi ini masih sangat alami karena hanya digunakan penduduk untuk tempat makan ternak sapi, kerbau, dan kuda.

“Sebagian besar wilayah ini belum terjamah oleh manusia. Kelebihan dari Kendenan ini karena berada di antara dua objek wisata di Lembang Bau Bonggakaradeng, yakni Ollon dan Buntu To’Wai. Jadi lengkaplah kalau mau ke Ollon bisa juga ke Kendenan dan Buntu To’wai,” dr Nataniel berpromosi.

Namun dia mengingatkan bahwa saat ini objek-objek wisata yang ada di Bonggakaradeng belum diperkenankan untuk dikunjungi terutama untuk bermalam karena masih masa pandemic Covid-19. (*)

Penulis: Desianti
Foto: dok. Nataniel Patandean

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar