BERITA FOTO: Uniknya Objek Wisata Erong Lombok di Parinding

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, SESEAN — Membahas potensi wisata Toraja seolah tidak pernah habis. Masih banyak tempat-tempat unik, indah, dan menyimpan sejuta cerita di dalamnya, yang belum digali. Seperti gua alam Erong Lombok di Parinding, kecamatan Sesean, Toraja Utara ini.

Meski sebelumnya, objek ini pernah cukup ramai dikunjungi, namun belakangan, karena kurang promosi dan tidak didukung prasarana yang memadai, objek luar biasa ini seolah dilupakan.

Bacaan Lainnya

Itu yang menjadi alasan kenapa Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, menyisir tempat ini pada Selasa, 17 April kemarin. Sesampainya di sana, orang nomor dua di Toraja Utara ini mengaku sangat kagum dengan keunikan serta pemadangan indah di sekitar gua alam ini.

“Kita harus perkuat promosi dan menambah fasilitas maupun sarana untuk mendukung objek luar biasa ini,” kata Rinto, begitu Yosia Rinto Kadang, disapa.

Di objek wisata ini, kata Rinto, memang sudah ada fasilitas seperti WC. Namun masih dibutuhkan beberapa sarana pendukung lainnya, seperti pagar pengaman, jalan yang baik, serta fasilitas lainnya.

Objek wisata yang banyak menyimpan erong (peti mati) berbagai bentuk, yang usianya diperkirakan sudah ratusan tahun ini, terletak di Parinding Matampu, kecamatan Sesean, sekitar 5 kilometer dari Rantepao, ibukota kabupaten Toraja Utara.

Untuk mengunjungi tempat ini, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Kondisi jalan yang cukup bagus membuat kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk tiba di tempat ini. Meski harus berjalan kaki sekitar 5-10 menit, namun itu tidak akan membuat Anda lelah, karena pemandangan alam di sekitarnya juga sangat bagus.

Objek Wisata Erong Lombok ini, selain disuguhkan pemandangan alam yang indah, kita juga dapat mengetahui sejarah dari objek tersebut. “Saya mengajak para pemandu wisata maupun pemerhati pariwisata Toraja untuk bersama-sama mempromosikan tempat ini, baik melalui media sosial, video, foto, dan sebagainya,” harap Rinto lagi. (Desianti/foto: GS)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *