BERITA FOTO: Pesona Sarambu Ratte; Air Terjun Tiga Tingkat di Bittuang

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, BITTUANG — Sarambu Ratte adalah air terjun tiga tingkat yang terletak di Lembang Balla Kecamatan Bittuang, Tana Toraja, semakin hari semakin ramai pengunjung.

Sarambu Ratte ini mulai viral lewat pemberitaan karebatoraja.com pada Maret 2017 lalu, saat salah seorang warga Bittuang yang sedang melakukan survey irigasi menfoto lalu mengirim foto Sarambu Assing ke redaksi karebatoraja.com.

Bacaan Lainnya

Air terjun indah setinggi kurang lebih 30 meter ini terletak sekitar 1 kilometer dari perkampungan warga sehingga tidak ada satupun warga yang tahu jika tempat ini ada air terjun yang sangat cantik.

Volume air yang besar dan jernih walaupun pergantian musim membuat pesona air terjun terlihat begitu indah. Setiap landasan dari air terjun ini memiliki kolam yang dalam sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berenang.

Saat ini Sarambu Ratte semakin ramai dikunjungi para traveller yang datang dari berbagai daerah, seperti Makale dan Rantepao, Enrekang, dan Palopo, utamanya pada saat libur dan akhir pekan.

Titin, pengunjung dari Makale, mengaku sudah lama mendengar dan melihat foto-foto Sarambu Ratte di media sosial namun baru kali ini rencana liburan ke sini terwujud. “Puas,,,!!! Perjalanan yang lumayan jauh terbayar setelah sampai disini, air terjunnya sangat indah dan sejuk, airnya sangat jernih,” ungkap Titin.

Lokasi air terjun yang hanya berjarak 2 kilometer dari pusat Kota Bittuang dan berjarak 57 kilometer dari pusat Kota Makale membuat air terjun ini sangat mufah dijangkau.

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, melalaui Dinas Pariwisata, sudah memasukkan Sarambu Ratte sebagai salah satu prioritas pengembangan objek wisata baru. Buktinya setelah viral di dunia maya, pemerintah langsung membangun fasilitas penunjang seperti gazebo tempat beristirahat pengunjung.

Air terjun ini juga tidak jauh dari lokasi sumber mata air panas. Jarak air terjun hanya berjarak kurang lebih 300 meter dari sumber mata air panas di Balla yang juga merupakan salah satu destinasi wisata baru di daerah ini. (Arsyad Parende)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *