BERITA FOTO: Pakbaladoan, Objek Wisata Menawan dari Toraja Barat

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MASANDA — Dilihat sepintas dari foto, sebagian orang mungkin tidak percaya bahwa lokasi panorama persawahan yang bertingkat-tingkat rapi bak ukiran permadani ini berada di Tana Toraja, tepatnya di kecamatan Masanda.

Ya, area persawahan dengan bangunan Tongkonan di tengah serta jalan yang meliuk-liuk itu berada di Lembang Sesesalu, Kecamatan Masanda, daerah perbatasan antara Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Pemda Tana Toraja Berangkatkan 17 Warganya Berwisata Rohani ke Tiga Negara

Foto-foto yang ditampilkan ini diambil dari lokasi bernama Pakbaladoan, sebuah puncak bukit, yang sering disebut masyarakat setempat dengan nama Pakbaladoan Tondok Tobugi.

ARTIKEL TERKAIT: Kunjungi Tempat di Bittuang Ini Serasa di Eropa

Tokoh pemuda Masanda, Alharis Tandi Linggi, menyebut lokasi Pa’baladoan ini sangat cocok dijadikan objek wisata. Karena selain unik dan indah, apalagi saat padi sedang menghijau atau menguning, di sekitar lokasi ini, juga terdapat beberapa objek wisata pendukung lainnya, seperti air terjun Sarambu Sengo dan sumber mata air panas.

“Saya tidak promosi bos, tapi memang luar biasa pemandangan alam di sini. Sayangnya kurang promosi dan infrastruktur pendukung juga belum terlalu memadai,” ungkap Alharis.

Baca Juga  Ingin Swasembada Ikan Air Tawar, Pemkab Tana Toraja Sebar 1 Juta Bibit

Senada dengan Alharis, Ketua DPRD Tana Toraja, yang juga merupakan salah satu Putra asli Masanda, Welem Sambolangi, menyatakan pemerintah kabupaten Tana Toraja mestinya memasukan lokasi Pa’baladoan ini sebagai salah satu destinasi unggulan dari bagian barat Tana Toraja.

ARTIKEL TERKAIT: Warga Bittuang Temukan Air Terjun Tiga Tingkat Saat Survey Jalur Irigasi

Welem menyebut, potensi wisata, terutama wisata alam dan budaya, dari Toraja Barat, sangat menjanjikan. Tinggal bagaimana pemerintah mengelola, mempromosikan, dan membangun sarana pendukungnya.

 “Saya di DPRD siap membantu dan mendorong agar potensi wisata di Bittuang dan Masanda ini dikembangkan,” kata Welem.

ARTIKEL TERKAIT: Mata Air Panas di Bittuang Ini Dipercaya Bisa Sembuhkan Penyakit

Baca Juga  Besok, Gerakan Masyarakat Peduli Toraja Akan Gelar Unjuk Rasa Besar di Makale

Welem benar, Bittuang dan Masanda menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Sebut misalnya, air terjun Sarambu Assing, yang sudah lebih dahulu dikenal beberapa tahun lalu. Berikut air terjun Ratte di Lembang Balla, sumber mata air panas Palayang, juga di Lembang Balla, terowongan alam di lembang Le’tek, dan beberapa objek wisata budaya lainnya. (Desianti/foto; Alharis TL/Dorkas RL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *