BERITA FOTO: Ngopi di Atas Awan, Ayo Orang Mengkendek, Viralkan Tempat Ini!

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, PA’TENGKO — Sesuatu yang berkaitan dengan di atas awan, sebetulnya bukan milik Lolai di Kecamatan Kapala Pitu, Toraja Utara saja. Ada banyak tempat di Toraja, yang juga menawarkan sensasi seperti berada di atas awan. Salah satunya adalah Ba’ba-Ba’ba, yang terletak di Pa’tengko, kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

Suasana di Ba’ba-Ba’ba, terutama pada subuh hingga pagi hari, mirip dengan Negeri di Atas Awan Lolai. Ada awan tebal menyelimuti dataran Tampo, Simbuang dan sekitarnya hingga ke kaki gunung Sinaji di kejauhan.

Bacaan Lainnya

“Pada waktu-waktu tertentu, awannya sampai di bawah kaki kita, kalau lagi minum kopi di sini,” ungkap pengelola café Ba’ba-Ba’ba kepada dua jurnalis karebatoraja.com, yang singgah di tempat itu dalam perjalanan dari Makassar ke Toraja, Selasa lalu.

Baca Juga  Puting Beliung Terjang Gandasil, Pengendara Motor Jatuh Tertimpa Pohon

Saat itu, kondisi awan memang agak jauh di bawah, sehingga persawahan di dekat café, masih bisa terlihat. Namun daerah sekitar Tampo dan Simbuang, sama sekali tertutup awan.

Menikmati kopi pagi di atas awan, kelihatan merupakan tagline promosi yang paling mendekati situasi dan kondisi di Ba’ba-Ba’ba ini. Selain kopi, juga tersedia minuman hangat Sarabba, yang bisa membuat badan terasa lebih panas. Beberapa jenis makanan ringan pun tersedia di tempat ini.

Letaknya yang persis berada di tepat jalan poros Toraja-Makassar, membuat tempat ini memiliki nilai lebih. Ya, karena tempat ini sangat mudah dijangkau. Dari arah Makale, ibukota kabupaten Tana Toraja hanya ditempuh sekitar 45 menit. Dari Enrekang, kabupaten tetangga, juga cukup dekat.

Baca Juga  17 Jam Terputus, Jalur Jalan Palopo-Toraja Sudah Terbuka

Dari sisi lokasi, pengembangan ke depan, juga sangat memungkinkan. Andai pemerintah kabupaten Tana Toraja bisa menjadikan tempat ini sebagai persinggahan bagi bus-bus AKDP jurusan Toraja-Makassar, itu lebih bagus lagi. Ekonomi bisa berputar di sini dan rakyat bisa menikmati hasilnya.

Selain eksotis pada subuh hingga pagi hari, Ba’ba-Ba’ba juga mempesona di siang hari. Di tempat ini, selain sajian Sarabba dan kopi-nya yang enak, Anda juga bisa menyaksikan pesona alam pedesaan Pa’tengko dan deretan persawahan sekitar Tampo, juga latar gunung Sinaji di kejauhan.

“Ternyata ada juga Negeri di Atas Awan di sini ya, sayang kami agak terlambat sedikit,” tanya seorang pengguna jalan, yang buru-buru singgah untuk berfoto-foto di tempat itu.

“Coba agak cepat tadi, Mbak, banyak awan tadi di sini. Sekarang sudah mulai turun,” pengelola café menimpali kata-kata pengunjung, yang kelihatan baru pertama kali lewat di tempat itu.

Baca Juga  Kalatiku: Gaji Petugas Kebersihan Tetap Rp1,5 Juta

Pemilik Cafe Ba’ba-Ba’ba ini adalah Agustinus Massora, akrab disapa Papa Sarto. Inisiatifnya untuk membuka resting di Ba’ba-Ba’ba sekitar tahun 2008 lalu, kini menuai hasil dan berhasil menarik perhatian masyarakat yang sedang melintas di tempat ini.

“Tempat ini sangat indah pemandangan alamnya sehingga kami berinisiatif membangun tempat peristirahatan dan persinggahan di sini,” ujar Papa Sarto.

Karena penasaran dengan suguhan pemandangannya alamnya, warga yang kebetulan melintas baik yang berkunjung dari arah Enrekang ke Toraja maupun sebaliknya, selalu menyempatkan diri untuk singga di tempat ini; ada yang singgah untuk beristirahat setelah lelah menempu perjalanan panjang, ada yang sekedar melihat-lihat pemandangan dan berfoto selfy, bahkan ada yang sengaja datang untuk sekedar bersantai menikmati sarabba. Selain ramai didatangi muda mudi tempat ini juga ramai disinggahi para sopir-sopir mobil yang ingin beristirahat dan ngopi. (Arthur/Herson/Arsyad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *