BERITA FOTO: Mystical Toraja Jadi Kostum Opening Defile Jember Fashion Carnaval 2017

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, JEMBER — Kostum bertema Mystical Toraja karya desainer Dynand Fariz, menjadi salah satu busana yang menjadi pembuka atau opening devile Jember Fashion Carnaval 2017, yang digelar di Alun-alun Kota Jember Jawa Timur.

Kostum Mistical Toraja karya Dynand Fariz, yang juga penggagas Jember Fashion Carnaval ini, pernah meraih Best National Costum Miss Supranational di Polandia pada tahun 2015. Juga pernah menyabet penghargaan pada Manhunt International 2011 di Seoul, Korea Selatan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Bus Litha Jurusan Toraja – Makassar Terbalik di Enrekang

Festival internasional yang dihelat dari tanggal 9-13 Agustus 2017 ini, selain menonjolkan ornament budaya Toraja, juga memperlihatkan keberagaman budaya Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Sebagai opening defile JFC 20117  menampilkan tema Sriwijaya Empire dari Provinsi Sumatera Selatan. Dipilihnya Sriwijaya Empire untuk mempresentasikan kejayaan dan masa keemasan kerajaan Sriwijaya di Palembang sebagai kerajaan maritim terbesar di tanah air.

Selain Sriwijaya Empire, opening defile juga dimeriahkan dengan kostum nasional Royal Sigokh yang melambangkan keanggunan wanita Lampung dari keluarga bangsawan yang menjaga keagungannya. Dengan bermodal kain tapis Lampung kostum ini pernah menyabet Best National Costume Miss Grand International 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Baca Juga  GMNI Komisariat STIKES Lakipadada Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

Kostum nasional yang menjadi opening defile selanjutnya adalah Muthychal Toraja. Kostum ini melambangkan rumah adat toraja untuk upacara kematian dan kejayaan tahta seseorang berdasarkan harkat serta martabat yang disimbolkan lewat atap rumah Toraja. Kostum ini berhasil meraih Best National Costum Miss Supranational di Polandia pada tahun 2015.

(Desianti/foto: Fikri Fauzi/Kementrian Pariwisata Indonesia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *