BERITA FOTO: Bukan di Luar Negeri, Air Terjun Ini Ada di Toraja Utara

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, AWAN — Namanya sama dengan air terjun yang ada di Lembang Salu, Kecamatan Sopai, Sarambu Sikore. Namun air terjun yang bentuknya bak ranting kayu ini berada di dekat permukiman transmigrasi di Lembang Awan, Kecamatan Awan Rantekarua, Toraja Utara.

Doni Rinti, warga Awan, yang menyumbangkan foto-fotonya untuk dipublikasi karebatoraja.com, menyebutkan tinggi air terjun ini sekitar 60-70 meter. “Itu perkiraan, karena kita belum ukur,” kata Doni.

Bacaan Lainnya

Air terjun Sarambu Sikore ini, kata Doni, berpotensi besar untuk dijadikan objek wisata untuk menambah destinasi dan pundi-pundi pendapatan pemerintah kabupaten Toraja Utara.

Sayangnya, akses jalan menuju ke air terjun ini masih sangat minim. “Dari jalan rabat beton, kita mesti jalan kaki kurang lebih satu kilometer,” terang Doni.

BERITA TERKAIT: Air Terjun Tiga Tingkat Setinggi 150 Meter Ini ada di Awan Rantekarua

Pada musim kemarau, medan jalan setapak menuju ke air terjun ini, cukup mudah dilalui. Beda kondisinya jika musim hujan. Padahal pada musim hujanlah pemandangan indah sesungguhnya tersaji di air terjun Sarambu Sikore ini. Karena volume air sungai yang besar membuat pesona air terjun ini makin memikat hati.

Untuk tiba di air terjun ini sebenarnya tidak butuh waktu yang terlalu lalu. “Sekitar satu setengah jam sampai dua jam sudah sampai, kalau berangkat dari Rantepao,” kata Doni.

Air terjun ini masih alami. Lingkungan di sekitarnya juga masih asri. Sehingga pengunjung bisa merasakan hembusan angin sepoi-sepoi dan nikmatnya air segar dari pegunungan. Mau mandi-mandi, juga bisa; airnya cukup bersih untuk tubuh. Volume airnya cukup besar, sehingga terlihat indah dan mengagumkan.

Selain air terjun, pengunjung Sarambu Sikore juga bisa menikmati panorama alam di sekitar pegunungan Awan Rantekarua. Cantik memang tempat itu. Ayo, segera ke sana!

Anda penasaran dengan videonya? Tunggu edisi Sabtu, 14 April 2018. Tetap di portal berita karebatoraja.com. (Desianti/foto: Doni Rinti)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *