BERITA FOTO: Ayo ke Ollon!

  • Whatsapp
Pemandangan alam Ollon, destinasi wisata baru di Tana Toraja

KAREBA TORAYA — Toraja seolah tidak pernah kehabisan tempat bagus untuk dikunjungi. Usai “Negeri di Atas Awan” Lolai dan Buntu Sarira yang mempesona ribuan orang, kini muncul lagi lokasi baru yang tak kalah menarik, Ollon.

Ollon; sangat cocok buat berkemah
Ollon; sangat cocok buat berkemah

Tempat yang disebut terakhir ibarat surga yang tersembunyi, jauh di Bau, Bonggakaradeng. Sebagian pengunjung yang pernah kesana, menyebutnya “Lembah Teletubbies”, karena mirip dengan lokasi salah satu film animasi di televisi. Sebagian lainnya menyebutnya “The Lost Paradise”.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  VIDEO: Penampilan Terbaru Air Mancur “Menari” di Kolam Makale

Ollon memang mempesona mata. Bagi para pemburu keindahan alam, silahkan kunjungi tempat ini. Kendalanya cuma lokasi cukup jauh, sekitar 60 kilometer dari kota Makale dengan rute yang berliku. Dengan sepeda motor, waktu tempuh kurang lebih dua jam. Kondisi jalan menuju ke lokasi juga belum bagus. Hanya mobil-mobil khusus saja yang bisa ke sana. Kalau sepeda motor, semua bisa sampai di lokasi.

Kondisi jalanan menuju ke Ollon.
Kondisi jalanan menuju ke Ollon.

Mendapat info soal destinasi wisata baru yang mempesona ini, pemerintah kabupaten Tana Toraja langsung merespon. Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, menyebut pemerintah akan membangun akses ke sana.

“Saya sudah dengar soal itu. Makanya kamu buatlah kegiatan, ajak orang ke sana, nanti kita akan bangun akses jalannya ke sana,” ungkap Nicodemus kepada Karebatoraja.com.

Baca Juga  Lakalantas di Pala-Pala, Satu orang Meningal Dunia
Buntu To'uai, lokasi alternatif yang berdekatan dengan Ollon.
Buntu To’uai, lokasi alternatif yang berdekatan dengan Ollon.

Respon komunitas-komunitas masyarakat Toraja juga cukup tinggi. Pecinta sepeda motor trail, yang tergabung dalam MotoX Adventure Toraja, sudah membuka rute ke lokasi itu. Mereka berinisiatif membuat rambu-rambu jalur jalan menuju ke Ollon, mulai dari pertigaan Rembon-Batusura, Bua Kayu, Rano, hingga ke lokasi objek wisata Ollon.

“Sudah ada rambu-rambu yang dipasang teman-teman sepanjang jalur jalan menuju ke Ollon,” ungkap salah satu anggota MotoX Adventure Toraja, Rudhy Andi Lolo.

Untuk sampai di Ollon, bisa ditempuh melalui dua jalur. Jalur pertama, dari Makale – Rembon – Batusura – Bua Kayu – Rano – Bau (Ollon). Rute kedua, mesti melalui kabupaten tetangga, Enrekang, yakni Barokko – Ponggamisi – Batukara – Rano – Bau (Ollon).

Baca Juga  28 April, AAN-TBL Kampanye Akbar di Toraja
Anggota MotoX Adventure Toraja bersama pemerintah kecamatan Bonggakaradeng, mempromosikan objek wisata Ollon.
Anggota MotoX Adventure Toraja bersama pemerintah kecamatan Bonggakaradeng, mempromosikan objek wisata Ollon.

Selain Ollon, jika melalui jalur Barokko, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang tak kalah dahsyat di Buntu To’uai;  yang letaknya tidak jauh dari Ollon. (Jufri/foto: Rudhy AL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar