Belum Ada yang Positif, Ini Update Covid-19 di Toraja Hingga 2 April 2020

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Hingga Kamis, 2 April 2020, belum ada kasus positif Covid-19 (Corona Virus) yang terjadi di Tana Toraja dan Toraja Utara. Namun data itu tidak boleh membuat kita lengah, tetap waspada dan turuti himbauan pemerintah tentang social distancing atau physical distancing.

Berdasarkan data media centre Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Tana Toraja, hingga Kamis, 2 April 2020, jumlah kasus dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 101 orang atau bertambah 9 orang dari hari sebelumnya (1 April 2020), yang hanya sebanyak 92 orang yang dinyatakan ODP. Dari 101 orang yang berstatus ODP, 100 diantaranya dalam proses pemantauan dan 1 orang selesai pemantauan.

Baca Juga  Eva Stevany Rataba Donasikan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 ke RS Elim Rantepao

Bacaan Lainnya

Sementara untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), tercatat sebanyak 2 pasien PDP yang dirawat di ruang Isolasi RSUD Lakipadada.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja, Mariana Belo menyatakan status PDP ini berdasarkan penetapan oleh DPJP (Dokter Penanggungjawab Pasien) berdasarkan gejala klinis dari pasien dan hasil pemeriksaan Foto Rontgen Thorax (dada).

“Kedua pasien berstatus PDP saat ini masih dalam perawatan intensif dan masih menunggu hasil laboratorium untuk mengetahui, apakah positif atau negative,” ungkap Mariana Belo.

Baca Juga  Wabup Toraja Utara dan Anggota DPR RI Eva Rataba Jalani Rapid Test Covid-19

Selain 2 pasien PDP, tim surveilans Satgas Covid-19 juga merilis 1 orang dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) .OTG adalah orang yang tidak memiliki gejala dan memiliki resiko tertular dari orang yang positif Covid-19.

Mariana Belo menghimbau kepada semua masyarakat agar tetap tenang dan tetap mentaati himbauan pemerintah. Masyarakat tetap beraktifitas di rumah, menjaga kesehatan, dan kurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang (berkerumun).

TORAJA UTARA

Sementara itu, data dari Media Centre Satgas Covid-19 Toraja Utara menyebutkan hingga Kamis, 2 April 2020, jumlah kasus dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 62 orang. Jumlah kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada. (*)

Penulis: Arsyad Parende/Arthur
Foto: dok. istimewah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *