Begini Ungkapan Hati Kalatiku Paembonan Terhadap Sahabatnya Eddy Papayungan (Alm)

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Kehilangan dua sahabat dalam waktu yang tidak terlalu lama membuat Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, amat bersedih dan merasa kehilangan. Ya, dua sahabatnya itu, adalah Frederik Battong, yang meninggal pada 30 Maret 2020 dan Eddy Papayungan, Rabu, 8 Juli 2020.

“Sedih, pasti. Tapi kita tidak bisa melawan kehendak Tuhan,” ungkap Kalatiku, saat menghubungi redaksi karebatoraja.com, Sabtu, 11 Juli 2020 malam.

Bacaan Lainnya

Berikut, ungkapan hati Kalatiku Paembonan terhadap sahabatnya Almarhum Eddy Papayungan, yang disalin secara lengkap:

“Saya sungguh-sungguh merasa kehilangan atas dipanggilnya ke pangkuan Bapa di surge, Saudara kita, Bapak Eddy Papayungan. Pak Eddy adalah teman saya sejak berjuang di Jakarta, sama-sama di birokrasi pemerintahan. Dan kami berdua itu memiliki latar belakang birokrasi yang sangat kental.

Itulah sebabnya ketika saya mulai melayani di Toraja Utara, kami memiliki komunikasi secara khusus dengan Bung Eddy dalam rangka memberi dan menerima masukan-masukan untuk kebijakan-kebijakan. Yang saya sangat terkesan adalah dia memiliki masukan-masukan di bidang ekonomi yang sangat tajam dan efektif dan banyak mempengaruhi kebijakan-kebijakan di bidang ekonomi yang telah kita arahkan di Toraja Utara.

Bung Eddy sangat-sangat memperhatikan aspek dinamika ekonomi sebagai kunci dari pembangunan di Kabupaten Toraja Utara. Bung Eddy selalu mengingatkan saya agar supaya kegiatan-kegiatan ekonomi produktif, produktifitas barang dan jasa harus dijalankan secara terencana dan hal itu akan dapat membawa peningkatan pendapatan bagi rakyat dan juga termasuk di dalamnya peningkatan pendapatan daerah.

Sektor ekonomi selalu menjadi perhatian Bung Eddy, terutama dalam mengembangkan perkebunan kopi, peningkatan kegiatan holtikultura, dan termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif yang akan memperkokoh produktivitas para pengrajin kita dan pada saat yang sama menghadirkan nilai-nilai budaya secara inofatif di dalam kegiatan pembangunan.

Bung Eddy juga merupakan teman baik saya, sebagai rekan majelis di Gereja Toraja Jemaat Kota di Jakarta. Dan dalam keadaan seperti itu, Bung Eddy banyak mengarahkan tentang hubungan antara peningkatan keimanan pada satu sisi dan peningkatan kesejahteraan jemaat di sisi yang lain. Sehingga saya berkesimpulan Bung Eddy ini memiliki konsen yang sangat kuat dalam pengembangan di bidang ekonomi, yang memang sangat dibutuhkan dalam kegiatan-kegiatan kekinian. Dan apapun juga memang intisari dari pembangunan itu, motor penggeraknya adalah sektor ekonomi.

Itulah sebabnya, saya sungguh-sungguh merasa kehilangan teman yang secara nyata selalu berdiskusi dengan saya di dalam mendapatkan penguatan-penguatan pada setiap perumusan kebijakan. Sehingga saya, dalam banyak hal, setelah berdiskusi dengan Bung Eddy Papayungan, saya merasa sangat form, sangat yakin bahwa kebijakan ini dapat berhasil.

Pada sisi yang lain, saya sangat terkesan dengan pertemanan saya dengan Almarhum adalah beliau juga seorang seniman, suka bernyanyi, sama dengan saya. Lagu-lagu pop khususnya, terutama menyanyikan lagu-lagu yang banyak diminati orang. Itu yang selalu kami nyanyikan bersama, saya menyanyi sopran dan Bung Eddy menyanyi tenor.

Kenangan-kenangan seperti itu sangat indah dan tak pernah terlupakan dari pertalian persahabatan kami berdua. Selamat jalan Saudaraku…Bung Eddy, Tuhan memberkati seluruh apa yang kita lakukan, apa yang selalu kita diskusikan bersama, seluruh karya-karya Bung Eddy, baik kepada saya maupun Toraja Utara, termasuk dalam karirnya sebagai aparatur negara. (*)

Baca Juga  Sidak, Tim Gabungan Pemda Toraja Utara Tidak Temukan Ikan Berformalin

Ditulis kembali oleh: Desianti
Foto:
Salah satu momen kebersamaan Almarhum Eddy Papayungan dan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan. Foto diambil di Kalua’ Resto milik Almarhum Eddy Papayungan, sebelum pandemi Corona melanda Indonesia. (dok. Kareba Toraja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *