Begini Cara Mengecek; Apakah Nama Anda Sudah Terdaftar atau Belum pada Daftar Pemilih

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — KPU Kabupaten Toraja Utara telah mengumumkan dan mempubikasikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sejak tanggal 19 September 2020. Publikasi ini dilakukan agar warga bisa mengecek namanya; apakah sudah terdaftar atau belum, sebagai pemilih yang akan menggunakan hak pilih pada Pilkada, 9 Desember 2020.

“Pengumuman DPS ini ditempel di 151 Kantor Lembang/Kelurahan, juga di tempat-tempat strategis di Dusun sekitar TPS selama 10 hari sampai dengan tanggal 28 September,” jelas Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Kabupaten Toraja Utara,  Simeon Sarira, Selasa, 22 September 2020.

Bacaan Lainnya

Sebagai langkah ikutan, lanjut Simeon, KPU Kabupaten Toraja Utara juga membuka membuka posko layanan masyarakat terhadap daftar pemilih sementara (DPS) dari  tanggal 22 hingga 28 September 2020.

“Pembukaan posko tersebut sesuai instruksi KPU RI melalui surat dinas nomor 784/PL.02-1-SD/01/KPU/IX/2020, tanggal 18 September 2020 tentang Pengumuman DPS dan Persiapan DPT,” kata Simeon.

Dikatakan, semua PPK dan PPS membentuk posko layanan masyarakat terhadap DPS di sekretariat masing-masing selama 7 hari mulai tanggal 22 sampai dengan 28 september 2020. Untuk memastikan tidak terjadi kekosongan posko PPK dan PPS dapat menerapkan jadwal piket pada jam kerja.

“Setiap masukan akan dicatat di formulir Tanggapan Masyarakat yang akan menjadi bahan masukan atau koreksi perbaikan yang kemudian direkap menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Rekapitulasi DPSHP akan diplenokan berjenjang mulai dari PPS, PPK, dan terakhir akan menjadi bahan untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang jadwalnya ditetapkan paling lambat tanggal 16 Oktober 2020,” jelas Simeon.

Penempelan DPS juga sebagai awal dimulainya uji publik yang juga dilakukan berjenjang mulai dari tingkat lembang/kelurahan, tingkat kecamatan dan tingkat Kabupaten. Diharapkan uji publik dan setiap masukan , tanggapan atau koreksi dari masyarakat , pengawas pemilu, partai politik atau tim pasangan calon bisa memberi masukan yang konstruktif sehingga DPS bisa lebih akurat, komprehensif, mutakhir dan akuntabel.

Pemilih Toraja Utara bisa mengecek namanya di wilayahnya masing-masing, KPU toraja juga menyiapkan pengecekan online dengan fasilitas hotline SMS gateway.

“Pengecekan dapat dilakukan lewat SMS Gateway, Ketik NIK anda kirim ke Nomor 081319455971, melalui Telegram dengan mengirimkan NIK ke cekpemilih_kputorajautara  atau melalui situs cekpemilih.kab-torajautara.kpu.go.id dengan menginput NIK pada kolom pencarian, atau bisa juga mengunjungi pengecekan di google dengan mengetik: lindungihakpilihmu.kpu.go.id ketik NIK Jika belum terdaftar Pemilih dapat menghubungi PPS terdekat untuk didaftarkan,” imbuh Simeon. (*)

Penulis: Desianti
Foto: Petugas KPU Kabupaten Toraja Utara menempel DPS Pilkada 2020 pada sejumlah tempat umum agar mudah dilihat masyarakat.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *