BCA Gelar Operasi Katarak Gratis di Tana Toraja

  • Whatsapp
Para petinggi BCA dan Wakil Bupati Tana Toraja berfoto bersama para pasien katarak usai dioperasi di RSUD Lakipadada, Selasa siang tadi.

KAREBA TORAYA — PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Tana Toraja bersama Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami) dan Kerukunan Keluarga Tallu Lembangna (KKTL) Jabodetabek, menggelar operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada, Makale.

Operasi katarak gratis melibatkan dokter spesialis mata dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) berlangsung selama dua hari, yakni 8-9 Agustus 2016.

Pelaksanaan operasi katarak gratis itu dihadiri langsung Head of CSR BCA Sapto Rachmadi, Kepala Kantor CabangUtamaBCA Pare-Pare Anggraeni Tedjokusumo, Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, Direktur RSU Lakipadada Rudhy Andilolo, dan Ketua Tim SPBK Perdami M. Sidik.

Head of CSR BCA, Sapto Rachmadi, mengatakan kegiatan operasi katarak ini dilakukan oleh BCA secara berkesinambungan guna menjangkau masyarakat di berbagai tempat,meskipun di daerah tersebut belum ada kantor BCA. Seperti halnya Toraja, PT BCA Tbk. belum memiliki kantor di daerah ini.

“Namun sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, BCA melaksanakan operasi katarak gratis di daerah ini. Kegiatan ini kami lakukan untuk menekan jumlah kebutaan akibat katarak di daerah ini. Target kita, pelaksanaan operasi katarak selama dua hari ini dapat menjangkau sekitar 200 pasien,” ungkap Sapto.

Lebih lanjut, Sapto berujar, katarak dapat menyerang siapapun, tidak hanya orang yang sudah berumur dan pada umumnya. “Katarak dapat dipulihkan melalui operasi. Melalui operasi ini masyarakat diharapkan dapat kembali sehat dan produktif untuk bersama-sama membangun potensi wilayah mereka, ” katanya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, katarak atau kekeruhan pada lensa mata, masih menjadi salah satu penyebab utama 50 persen kebutaan di negara ini.  Oleh sebab itu pemerintah bersama berbagai instansi turut mendorong penurunan angka penderita katarak di Indonesia.

“Kegiatan yang dilakukan BCA ini sejalan dengan visi pemerintah mewujudkan Indonesia bebas buta katarak pada 2020,” kata Sapto.

Untuk menekan jumlah kebutaan akibat katarak, BCA telah bekerja sama dengan SPBK-Perdami sejak 2001. Sepanjang tahun 2015, BCA telah memfasilitasi 689 tindakan operasi katarak gratis di Ciledug, Tangerang, Banten, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Balangan, Kalimantan Selatan, Lela, Maumare, Flores. BCA juga melaksanakan operasi katarak gratis di Sukadana, Lampung, Liwa, Lampung dan Mamuju, Sulawasi Barat.

Selain menyelenggarakan operasi katarak gratis,BCA turut menyerahkan bantuan 13 alat operasi katarak dan dua alat biometri kepada SPBK-Perdami di tahun 2015. (arthur/herson)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *