Bawa 23 Penumpang dan Crew, Citilink Sukses Mendarat di Bandara Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MENGKENDEK — Setelah tertunda akibat cuaca buruk pada Sabtu, 10 Oktober 2020, akhirnya pesawat Citilink sukses melakukan penerbangan komersil perdana dari Bandara Hasanuddin Makassar (UPG) ke Bandara Toraja (TTR), Senin, 12 Oktober 2020.

Pesawat ATR-72 berpenumpang 18 orang dan 5 crew itu menyentuh landasan pacu Bandara Toraja tepat pukul 10.40 Wita. Setelah mendarat dengan baik, pesawat menuju apron dan disambut “watter salut” dari crew Bandara Toraja.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Wings Air Akan Lakukan Proving Flight ke Bandara Buntu Kunik Mengkendek

Water salut adalah tradisi penyambutan atau penyemprotan terhadap pesawat Citilink ketika melakukan penerbangan perdana pada rute komersial yang baru.

Satu per satu penumpang pun turun dari pesawat milik anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut ketika pesawat parkir di apron.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Tana Toraja, H. Asri Sahrun Said beserta beberapa pejabat, menyambut pilot, crew pesawat, dan para penumpang yang ikut dalam penerbangan perdana tersebut.

Setelah berhasil dengan penerbangan komersil perdana ini, Citilink akan melayani penerbangan rutin tiga kali seminggu dari Makassar ke Toraja dan sebaliknya. Penerbangan komersil tersedia pada hari Senin, Rabu, Sabtu, setiap pukul 9.30 dari Makassar dan pukul 11.00 Wita dari Toraja.

Baca Juga  Kalatiku Wajibkan Kepala OPD Toraja Utara Naik Pesawat di Bandara Toraja Kalau Dinas ke Luar Daerah

Sedangkan maskapai lainnya, yakni Wings Air melayani rute penerbangan Makassar-Toraja setiap Selasa, Rabu, Jumat, dan Minggu, setiap pukul 09.35 Wita. Sedangkan penerbangan dari Toraja ke Makassar dijadwalkan setiap pukul 10.35 Wita.

Dengan hadirnya dua maskapai tersebut, Bandara Toraja kini melayani penerbangan komersil Toraja-Makassar setiap hari atau tujuh hari per minggu.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Tana Toraja, H. Asri Sahrun Said beserta beberapa pejabat, menyambut pilot, crew pesawat, dan para penumpang yang ikut dalam penerbangan perdana tersebut.

Sebelumnya, penerbangan komersil perdana pesawat Citilink ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 10 Oktober 2020 yang lalu. Namun karena ada masalah teknis, yakni cuaca buruk, penerbangan komersil perdana itu ditunda ke tanggal 12 Oktober 2020, hari ini.

Baca Juga  Cuaca Buruk, Penerbangan Komersil Perdana Citilink ke Bandara Toraja, Batal

Selain membawa penumpang dari Makassar, Citilink juga akan membawa 16 penumpang dan 5 crew saat terbang kembali dari Bandara Toraja ke Bandara Hasanuddin Makassar, hari ini. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Foto: Pesawat ATR 72-600 milik maskapai Citilink disambut water salut ketika memasuki apron Bandara Toraja, Senin, 12 Oktober 2020. Pesawat ini membawa 18 penumpang dan 5 crew.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *