Ayo, Nikmati Eksotisnya Bukit 513 JT!

  • Whatsapp
Panorama alam Bukit 513 JT. (foto by: Frans PS)

KAREBA TORAYA — Mulanya lokasi ini hanyalah sebuah kebun. Namun, berkat sentuhan tangan seorang Jhon Tikara, tempat itu disulap menjadi sebuah objek wisata pegunungan, lengkap dengan lansekap panorama alam, plus pondok-pondok (cottage) mirip bangunan di pinggiran hutan Eropa. Belakangan, setelah mendapat sentuhan seni yang luar biasa, kebun di perbukitan ini diberi nama BUKIT 531 JT.

bukit-2

Bacaan Lainnya

Tempat ini memang sangat cocok untuk berakhir pekan dengan keluarga atau teman-teman. Lebih asyik lagi jika hari libur, karena di tempat ini Anda bisa menghabiskan waktu dengan menikmati panorama alam pegunungan dengan latar pantai Palopo di kejauhan. Anda juga bisa bersantai dengan bakar-bakar ikan, ayam, atau bebek, sambil menikmati senja dan segarnya udara pegunungan yang dingin.

Baca Juga  Kemarau, Pemda Tana Toraja Bagikan Air Bersih untuk Warga

bukit-3

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, lokasinya sangat mudah dijangkau. Bukit 513 JT berada tepat di sisi jalan poros Palopo-Toraja, tepatnya di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara, Kota Palopo. Letaknya memang tidak persis di pinggir jalan. Pengunjung harus masuk ke dalam lokasi yang berjarak sekitar 500 meter dengan berjalan kaki. Soal keamanan kendaraan, jangan khawatir, ada petugas yang menjaganya.

bukit-4

“Proses pembenahan Bukit 513 JT memang belum selesai, tapi sudah banyak pengunjung yang datang ke sana. Ke depan, kami akan lengkapi sarana pendukungnya, sehingga pengunjung bisa betah dan menghabiskan waktunya di bukit itu,” kata Jhon Tikara, kepada Karebatoraja.com.

Ide mengubah kebun menjadi objek wisata, kata Jhon, bermula saat dirinya bolak-balik dari Bali-Jakarta-Palopo dan Rantepao untuk mengurus pilkada. “Saya melihat pasangan Kaboro (Kalatiku-Rinto) waktu itu merupakan pasangan yang care terhadap pariwisata. Sehingga saya buat Tim 513 JT untuk Kaboro dengan tekad untuk memajukan pariwisata Toraja Utara,” katanya.

Baca Juga  Ketua Umum IKT Provinsi Papua Dukung Pertemuan Raya X PPGT

bukit-5

Usai Pilkada, lanjut Jhon, dirinya pulang ke Palopo dan bercocok tanam buah-buahan di kebunnya di Battang Barat ini. Lama kelamaan, dia mendapat inspirasi, kenapa tempat ini tidak dijadikan tempat wisata, padahal potensi yang dimiliki sangat besar. “Dari situlah muncul ide untuk membuat objek wisata, yang setelah kita pertimbangkan dari segala sisi diberi nama Bukit 513 JT,” urainya.

Saat ini, objek wisata Bukit 513 JT sudah ramai dikunjungi wisatawan. Ada yang sekedar datang untuk berselfie, refresing bersama keluarga dan teman-teman, ada pula yang datang untuk foto prewedding.

bukit-6

Di objek wisata Bukit 513 JT ini, kini tersedia cottage, cafe, dan ikan bakar Kareba khas Bukit 513 JT. Ke depan, Jhon, yang adalah salah satu ketua pemuda di Jalan Batara 513 Kota Palopo ini berencana akan terus mengembangkan Bukit 513 dengan menambah fasilitas pendukung yang disenangi para penikmat alam, seperti wahana flying fox dan outbond, serta sarana lainnya.

Baca Juga  Pangdam Puji Program Pola Tanam Semusim Kodim 1414 dan Pemda Tana Toraja

Jhon Tikara, adalah pria asal Kallan-Lolai, Kecamatan Kapala Pitu, Toraja Utara. Pemuda ini sangat menggemari wisata alam dan panorama. Dia banyak belajar soal wisata alam di berbagai daerah yang dia kunjungi. Akhirnya, bekal pengalaman itu, dia “menciptakan” Bukit 513 JT. Soal nama 513 JT, merupakan singkatan dari Sol Do Mi atau Solata Domai; sebuah istilah untuk menyebut sesama warga Toraja.

Mengakhiri perbincangan, Jhon menitip sebuah harapan untuk warga Toraja dimana pun berada, yakni teruslah berkarya membangun Toraja Utara menjadi pusat pariwisata. “Saya hanya bisa berharap kita sedikit berbuat demi orang banyak. Kebahagian orang lain adalah suatu kepuasan hati saya dan mereka. Semoga ke depan muncul lebih banyak lagi para inspirator pariwisata di Toraja Utara,” pungkasnya. (Infotorial/Jufri Tonapa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *