Aksi Bersih Gunung Sesean; Bule Saja Ikut, Apalagi Kamu!

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, BATUTUMONGA — Ada pemandangan menarik, selain sampah yang berserakan, pada aksi bersih-bersih Gunung Sesean (Clean Up Day at Sesean Mountain), yang digelar Jumat, 25 Agustus 2017.

Tiga turis (bule) asal Italia, ikut ambil bagian dalam kegiatan yang diprakarsai Destination Management Organization (DMO) Toraja tersebut. Ketiganya merupakan wisatawan yang sedang berkunjung ke Batutumonga. Saat mendengar rencana dan melihat ada puluhan orang yang hendak melakukan aksi bersih di Gunung Sesean, ketiga turis ini, langsung ikut, tanpa dikomando.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  BERITA FOTO: Di Mengkendek, Ada Air Terjun Tujuh Tingkat

Aksi bersih gunung Sesean, yang merupakan bagian dari pelaksaan program Toraya Masero ini diikuti puluhan aktivis lingkungan dan warga sekitar.

Dalam aksi ini, puluhan karung sampah, berupa plastik, kemasan makanan dan minuman, dan jenis sampah lainnya berhasil dikumpulkan dan dibawa turun dari gunung.

Melihat kondisi Gunung Sesean yang semakin kotor dan rusak, pemerintah Lembang dan Kecamatan setempat sudah membuat aturan khusus bagi pendaki atau pengunjung Gunung Sesean. Setiap pendaki dilarang keras membuang sampah di sembarangan tempat. Jika kedapatan akan dikenai sanksi. Selain itu, siapapun yang hendak mendaki ke Gunung Sesean, harus melapor kepada pemerintah setempat dan memperlihatkan dokumen kependudukan. Jika tidak memiliki dokumen resmi, tidak akan diizinkan naik. (Citizen Reporter/Alan Tonapa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *